Sudin Gulkarmat Gelar Simulasi Kebakaran di Hotel Millennium

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Simulasi penanganan kebakaran di Hotel Millennium. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebagai bentuk mengurangi resiko yang lebih besar dari dampak bencana kebakaran, Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar simulasi penanganan kebakaran, di Hotel Millennium, Jalan H. Fachuddin No. 3, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (28/12).

Kepala Seksi (Kasie) Pencegahan Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat Putut Jantoko mengatakan, tujuan dari simulasi ini untuk mengantisipasi terutama dari pihak Hotel Millennium melalui tim Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) agar dapat segera merespon apabila terjadi keadaan darurat seperti kebakaran ataupun gempa.

Selain itu, tambah Putut, sesuai regulasi berlaku di setiap hotel maupun gedung bertingkat harus memiliki sistem proteksi yang baik, artinya bukan cuma wujudnya saja, namun juga dapat berfungsi.

“Mulai dari fire alarm, saluran hydrant hingga tim yang bertugas semua berjalan dengan bagus. Jadi memang ini harus dilakukan secara berkala, agar SDM yang bertugas senantiasa sudah terbiasa, sehingga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, sudah bisa melakukan sesuai dengan kewajibannya,” ucapnya.

Sementara itu, Security Manager Hotel Millennium Tanah Abang Irwan Wardana mengungkapkan, kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bentuk penunjang terhadap kewaspadaan terhadap bencana kebakaran.

Irwan menuturkan Hotel Millennium terdiri dari 21 lantai dan di setiap lantai memiliki enam hydrant dengan ukuran masing-masing ada yang 1,5 dan juga 2,5 inchi.

“Saya berharap kedepannya kita dapat terus berkolaborasi dengan instansi terkait untuk terus mencanangkan kegiatan pelatihan maupun simulasi penanganan bencana,” tutupnya.