Sudin KPKP Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Pertanian di Kecamatan Gambir

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan diversifikasi olahan pertanian, di RPTRA Tanah Abang 3, Kecamatan Gambir, Selasa (9/8). Foto: Angga Rizkyanda

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar pelatihan diversifikasi olahan pertanian, di RPTRA Tanah Abang 3, Kecamatan Gambir, Selasa (9/8).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan, pelatihan diversifikasi olahan pertanian ini merupakan pelatihan yang terakhir dilakukan Sudin KPKP.

Menurutnya, pelatihan ini dilakukan untuk memberikan nilai tambah bagi makanan yang disajikan. Di mana penyajian makanan tidak hanya bergizi juga menarik. “Selain memenuhi asupan gizi, makanan juga bisa disajikan dimodifikasi bagaimana menyajikan makanan yang menarik untuk anak anak,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung aksi konvergensi penurunan stunting di wilayah Jakpus. Di mana Sudin KPKP berkewajiban memenuhi ketahanan pangan. Salah satu contohnya dalam memenuhi asupan sayur bagi anak-anak melalui sajian kreatif dari sayuran.

“Misalnya, smoothie dari pakcoy atau sawi, supaya anak-anak mau minum dibikin modifikasinya. Ini tidak hanya bisa buat anak-anak tapi ibu hamil dan menyusui, bahkan untuk ide usaha,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekcam Gambir Eddy Suprianto mengatakan, kegiatan yang diadakan Sudin KPKP ini sangat baik dan bermanfaat untuk warga. Di mana nantinya warga memiliki pengetahuan dalam mengolah makanan. Sehingga nantinya, dapat bermanfaat bagi keluarga terutama anak-anak yang mudah bosan.

“Dalam pelatihan ini warga diajarkan menyajikan variasi makanan mulai dari bentuk yang menarik, kemasan yang menarik, hingga rasanya. Sehingga anak-anak akan tertarik mengkonsumsinya. Dan tentunya ini bisa mencegah stunting bagi anak kita,” tandasnya.