Sudin KPKP Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan di RPTRA Kejora

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin KPKP menggelar pelatihan pengolahan hasil perikanan di RPTRA Kejora. Foto: Vhatra

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pelatihan pengolahan hasil perikanan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kejora, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Selasa (24/5).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing produk binaan Jakpreneur dan meningkatkan nilai jualnya.

"Khususnya dalam peningkatan ekonomi minimal untuk keluarga dengan inovasi-inovasi yang ada dari para narasumber," katanya.

Penty menjelaskan, produk hasil perikanan merupakan salah satu sumber pangan yang penting bagi masyarakat baik untuk generasi kini maupun mendatang dan total ada 65 peserta dari empat kecamatan yaitu dari, Kecamatan Gambir, Sawah Besar, Kemayoran, dan Kecamatan Tanah Abang.

“Giat ini dilakukan selama dua hari yaitu, 24-25 Mei 2022. Untuk hari ini, 65 peserta dari Jakpreneur dan kelompok binaan Sudin KPKP Jakarta Pusat di empat kecamatan yaitu Kecamatan Gambir, Sawah Besar, Kemayoran dan Kecamatan Tanah Abang. Dan 65 lainnya besok untuk Kecamatan Senen, Johar Baru, Menteng dan Kecamatan Cempaka Putih,” jelasnya.

Para peserta, lanjut Penty, diberikan pelatihan mengolah produk perikanan seperti, bandeng presto, amplang ikan, nuget ikan, dan samosa. Untuk pelatihnya langsung dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Endang Mindarwati, serta Hendra Permana.

"Pelatihnya langsung dari Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Hasil Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)," tuturnya.

Penty berharap para peserta dapat meningkatkan daya saing dan jual produknya. "Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, maka para peserta memiliki daya saing, meningkatkan kreativitas, meningkatnya wawasan, dan usaha tentang diversifikasi olahan berbahan dasar ikan," pungkasnya.