Sudin KPKP Jakpus Gelar Pelatihan Budidaya Perikanan

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan budidaya perikanan, Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pelatihan budidaya perikanan.

Kegiatan ini berlangsung, di Ruang Aula KPKP, Lantai 5, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Selasa (27/9).

Kepala Seksi Perikanan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Jannatulhida menerangkan, kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam dua hari. Hari pertama materi pelatihan budidaya ikan hias, sementara di hari kedua adalah ikan konsumsi. Peserta pelatihan ini terbagi dalam 10 kelompok. Masing-masing kelompok empat orang.

"Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias, Pusat Karantina Ikan, Badan Karantina Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan, KKP, Direktorat Produksi Budidaya," ungkapnya.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha budidaya ikan. Dia juga mengharapkan para peserta mampu meningkatkan produksi ikan hias, sehingga mampu menambah pemasukan keluarga dan ketahanan pangan.

"Setelah pelatihan ini para peserta akan mendapatkan alat untuk budidaya ikan. Seperti bak fiber, dan toples ikan hias bagi peserta pelatihan ikan hias. Sementara bagi peserta pelatihan ikan konsumsi mendapatkan bak fober, pompa, test kit ph, serokan, dan pakan ikan," tandasnya.