Sudin KPKP Jakpus Gelar Pelatihan Disertifikasi Olahan Pertanian

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan disertifikasi olahan pertanian, di Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri, Kelurahan Kebon Kosong. Foto: Kiki Staf Intern

Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar pelatihan disertifikasi olahan pertanian, di Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Rabu (3/8).

Kasie Pertanian Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Astri Ilhamsyah menerangkan, pelatihan disertifikasi olahan pertanian ini merupakan pelatihan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, sudin KPKP telah membuat pelatihan yang sama untuk Kecamatan Senen dan Kecamatan Menteng, Kemudian Kecamatan Johar Baru dan Cempaka Putih. Hari ini Kecamatan Kemayoran dan Kecamatan Sawah Besar.

“Hari ini 50 orang peserta, per-kecamatan 25 peserta. Minggu depan kita Jadwalkan Kecamatan Gambir dan Kecamatan Tanah Abang,” terangnya di lokasi.

Dia menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini diadakan adalah untuk menciptakan wirausaha baru sebanyak 200 wirausaha baru yang akan dibina para pendamping Jakpreneur Sudin KPKP.

Usai pelatihan para peserta langsung mendapatkan alat dan bahan untuk memulai usaha. Sementara pelatihan disertifikasi pangan ini melibatkan Chef dari Institut Culinary yang akan membuat demo kue dan minuman kekinian.

"Mudah-mudahan ini akan membuka usaha baru bagi mereka. Nantinya bisa berkreasi macam-macam. Kita bantu utamanya itu ada pengolahan bahan bahan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Kemayoran Asep Mulyaman mengharapkan, para peserta Jakpreneur yang hari ini mendapatkan pelatihan dapat berkembang. Sebab, para peserta telah mendapatkan pengalaman dan wawasan terkait kewirausahaan. Para peserta juga sebelumnya sudah memiliki usaha dalam bidang makanan, maupun minuman.

“Mudah-mudahan mereka bisa berkembang, karena selain pelatihan mereka juga mendapatkan alat wajan dan bahan untuk pembuatan kue. Jadi ilmunya dapat, oleh-oleh bahannya juga dapat,” tandasnya.