Sudin KPKP Jakpus Kolaborasi Pet Vet Animal Clinic Sterilisasi 24 Kucing Lokal

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sterilisasi kucing lokal. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar sterilisasi kucing lokal gratis berpemilik bagi warga Tanah Abang, di Pet Vet Animal Clinic Tanah Abang, Rabu (12/10).

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati menjelaskan, ada 24 ekor kucing lokal berpemilik yang mengikuti kegiatan hasil kerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta dan Pet Vet Animal Clinic Tanah Abang ini.

"Untuk termin ketiga ini ada 20 jantan dan empat betina, jadi sesuai dengan kuota yang dilakukan sterilisasi," jelasnya.

Hera menuturkan sterilisasi ini dilakukan untuk menekan populasi kucing di DKI Jakarta. Sekaligus mempertahankan status DKI Jakarta bebas rabies, serta menjadikan warga bijak dan bertanggung jawab atas hewan peliharaannya terutama kucing.

"Alhamdulillah antusias warga dengan diinformasikan di media sosial kami banyak juga yang mendaftar, dan ikut sterilisasi program kucing gratis.

Hera pun mengajak masyarakat yang memiliki kucing dan belum disterilisasi bisa ikut mendaftar untuk sterilisasi di termin empat, atau bulan November mendatang.

"Saat ini termin ketiga dan bulan November besok ada termin keempat, silahkan untuk warga yang mempunyai kucing lokal bisa menghubungi narahubung kami. Syaratnya mudah yaitu ber-KTP Jakarta Pusat,  umur kucingnya 8 bulan, sehat dan tidak bunting, terus persyaratan lain nantinya ada pemeriksaan dari dokter apakah nanti setelah diperiksa lolos untuk disteril atau enggak," ungkapnya.

Sementara itu, Management Pet Vet Animal Clinic Syifa mengatakan, dalam kolaborasi ini pihaknya menyiapkan bagian medis mulai dari dokter dan peralatan untuk operasi.

"Kolaborasi ini menurut kami cukup baik karena menekan populasi kucing-kucing jalanan, jadinya makin banyak kucing yang terawat dan tidak terlantar, ini sangat membantu," katanya.

Di tempat yang sama, warga Penjompongan Tanah Abang Niken Candrasari mengaku senang dengan adanya sterilisasi kucing lokal gratis, yang membuat kucingnya menjadi sehat, gemuk, dan bulunya tebal.

"Sangat membantu sekali, dengan adanya kegiatan steril ini, kucing jadi lebih sehat dan kucing jantan gak sembarangan pipis, jadi pipisnya di liter box sendiri, kalo belum steril suka pipis di mana-mana," ucapnya.

Dia pun berharap agar program ini terus berlangsung dan kuota lebih diperbanyak agar semakin banyak kucing yang bisa disteril.

"Untuk yang memiliki kucing, sebaiknya kucingnya disteril. Karena tidak membuat kucing susah pipis. Semuanya tetap normal," ajaknya.