Sudin KPKP Panen Sayur di Rooftop Masjid Asy Syifa RSCM

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat memanen sayur di rooftop Masjid Asy Syifa RSCM. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama penggiat pertanian perkotaan atau urban farming memanen sayuran pakcoy dan kangkung di rooftop Masjid Asy Syifa Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jalan Diponegoro, Salemba, Jumat (21/1).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian program Jumat Menanam dan panen yang rutin dilakukan setiap pekan.

"Hasil panen di Masjid Asy Syifa RSCM ini terdiri dari 25 kilogram pakcoy dan 5 kilogram kangkung," jelasnya.

Hasil panen tersebut, lanjut Penty, kemudian dikemas dan dijual kepada karyawan maupun tenaga kesehatan di lingkungan RSCM dan sebagian dibagikan untuk jamaah masjid. "Selain dijual, juga untuk berbagi, sedekah sayur namanya," kata Penty.

Menurutnya, urban farming hidroponik di rooftop Masjid Asy Syifa, memang fokus untuk sayuran pakcoy dan kangkung. Saat ini sudah 1.200 lubang hidroponik dan akan terus ditambah lagi jumlahnya.

"Sudin KPKP akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan untuk kualitas dan pemasarannya. Agar menghasilkan tanaman yang sesuai kebutuhan pasar, berkualitas sehingga diminati, dan memenuhi standar keamanan pangan," pungkasnya.