Sudin KPKP Tanam 100 Bibit Melon Golden di Area Rooftop Kantor Wali Kota

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menanam 100 bibit melon golden di area rooftop, Gedung Blok A, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (22/2).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan, penanaman 100 bibit melon ini sudah dilakukan beberapa hari lalu. Penanaman jenis golden melon ini dilakukan dalam rangka memanfaatkan area urban farming yang ada di roftop Kantor Wali Kota Jakpus.

Menurutnya, keberadaan urban farming yang ada di area roftop ini dapat dimanfaatkan para pegawai untuk berinteraksi dan healing di sela-sela kesibukan.

"Kita menanam 100 bibit melon ini untuk menambah luasan tanaman di lokasi urban farming. Karena kawasan urban farming ini bisa dijadikan sarana ruang ketiga untuk sosialisasi, interaksi, dan healing para pegawai," ungkapnya.

Penty menjelaskan, pemilihan melon jenis golden yang ditanam di area urban farming ini dilakukan karena jenis tanaman ini lebih cepat tumbuh dan memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca maupun hama. Selain itu, perawatan tanaman melon ini cukup mudah dan tidak membutuhkan air yang banyak.

"Dibanding semangka, melon lebih mudah perawatannya untuk tumbuh," jelasnya.

Untuk memastikan 100 bibit melon yang ditanam pihaknya tetap subur dan berbuah maksimal, para petugas Sudin KPKP telah melakukan pengecekan tanaman setiap hari di lokasi urban farming roftop Kantor Wali Kota Jakpus.