Sudin LH Berikan Alat Pengurangan Sampah dari Sumbernya Kepada 195 RW

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma (memakai jas) menyerahkan alat pengurangan sampah dari sumbernya kepada perwakilan RW. Foto: Berlian Sigit

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) menyerahkan alat pengurangan sampah dari sumbernya kepada ratusan RW di tiap wilayah.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan dengan disalurkannya alat pengurangan sampah dari sumbernya dapat merealisasikan 50 persen target pengurangan sampah dari sumbernya. Serta ingin mengajak masyarakat melakukan gerakan pemilahan sampah, sekaligus juga mengurangi produksi sampah dari sumbernya.

"Kita ingin masyarakat mau melakukan gerakan pemilahan sampah dan mengurangi produksi sampah dari sumbernya seperti rumah tangga, tempat usaha. Ini yang harus kita lakukan," ungkapnya.

Dhany menyebut, jika sampah tersebut sudah terpilah dari rumah. Proses selanjutnya tinggal melakukan penyesuaian jadwal pengangkutan sampah. Mulai dari pengangkutan sampah organik, kemudian keesokannya sampah anorganik, dan B3 (Bahan Berbahaya Beracun).

Sejauh ini, lanjut Dhany, proses pengurangan sampah dari sumbernya sudah tercapai 30 persen. Saat ini Pemkot Administrasi Jakarta Pusat tengah melakukan sosialisasi untuk pengembangan di RW selanjutnya.

"Mudah-mudahan ini memberikan stimulus, sekaligus meningkatan motivasi di tingkat RW untuk mengurangi sampah dengan melakukan pemilahan dan membuang sampah sesuai jadwal yang ditentukan," harapnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Marsigit menerangkan bahwa ada 11 item alat pengurangan sampah, mulai dari bak komposting, timbangan, gerobak, kantong plastik. "Ada 11 item yang akan  diberikan pada 195 RW di wilayah Jakarta Pusat," tandasnya.