Sudin Nakertrans dan Energi Gelar Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan pembuatan minuman sehat di  RPTRA Kenanga, Jalan Obira No. 26, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pelatihan pembuatan minuman sehat di  RPTRA Kenanga, Jalan Obira No. 26, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rokhim mengatakan,  pelatihan minuman sehat ini diikuti 50 peserta yang terbagi dari delapan se-kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

Menurutnya, pelatihan ini digelar untuk memberikan keterampilan dan kemandirian wirausaha kepada pencari kerja atau peserta pelatihan.

"Pelatihan dilakukan selama lima hari, mulai dari tanggal 21 hingga 25 Maret 2022. Para peserta akan mendapatkan menu yang berbeda setiap harinya mulai dari pembuatan Bir Pletok, Sereh Teleng, dan lainnya. Serta peserta juga mendapatkan cara membuat kemasan dan cara penjualan," kata Fidiyah saat dikonfirmasi, Senin (21/3).

Dalam kesempatan ini, lanjutnya, para peserta yang mengikuti pelatihan mendapatkan bantuan modal usaha berupa kompos gas beserta tabung gas, baskom, dan panci alumunium. 

"Diharapkan dengan bantuan ini peserta bisa membuka peluang usaha dan sebagai bekal pengetahuan serta keterampilan yang didapat saat mengikuti pelatihan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah yang turut hadir dalam pembukaan pelatihan ini mengungkapkan, pelatihan minuman sehat ini sangat relevan untuk para wirausaha baru yang ingin mempunyai usaha.

Andri menuturkan bisnis makanan dan minuman khas daerah memiliki pasarnya sendiri. Diharapkan dengan diselenggarakannya pelatihan minuman kesehatan akan meningkatkan perekonomian di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Yang pada akhirnya nanti akan terjadi penyerapan tenaga kerja dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru.

"Saat ini seperti, di hotel, mal, bahkan di kantor pemerintah sudah banyak menyajikan minuman kesehatan seperti Bir Pletok. Karena minuman sehat ini terbuat dari aneka rempah yang dapat menghangatkan dan menyehatkan tubuh. Diharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius, nantinya bisa menawarkan produknya di luar sana," tandasnya.