Sudin Nakertrans Rampungkan Pemasangan PLTS Dua Sekolah Wilayah Kecamatan Gambir

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

PLTS di SMP Negeri 72 Kelurahan Petojo Utara. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat telah merampungkan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dua sekolah wilayah Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Kasie Energi Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Bambang Prayitno mengatakan, dua sekolah tersebut SMP Negeri 72 Kelurahan Petojo Utara, dan SMP Negeri 94 Kelurahan Petojo Selatan.

Menurutnya, pemasangan PLTS ini merupakan bagian energi terbaru dengan memanfaatkan tenaga surya untuk menghasilkan listrik, yang bertujuan meningkatkan kualitas udara dan dapat menurunkan penggunaan listrik PLN.

"Sudin Nakertransgi Jakpus membangun PLTS Rooftop dengan kapasitas panel surya 15 kwp, langsung tanpa baterai, sehingga pemeliharaan lebih mudah, dan biayanya juga lebih murah," katanya saat meninjau PLTS di SMP 72, Senin (24/10).

Bambang menuturkan sejak 2019 Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat telah memasang PLTS di enam sekolah, sehingga dengan rampungnya pemasangan di dua sekolah tersebut menambah sekolah yang telah dipasang PLTS.

"Tahun 2019 untuk Jakarta Pusat itu sudah enam lokasi, tambah dua lokasi ini jadi delapan lokasi cuman fokusnya itu sesuai arahan pimpinan seperti di gedung Pemda DKI Aset milik Pemda," tuturnya.

"Kalau nanti sekolah sudah selesai, di kantor kecamatan, kelurahan juga kita pasang, tak menutup kemungkinan kedepannya tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja atau lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana Tio donda mengaku senang dengan pemasangan PLTS ini karena kedepannya bisa menghemat energi.

"Pastinya senang, tapi saat ini belom kita lihat perbedaannya, kan ini baru dipasang belum nyala, 3 bulan pemakaian baru nanti tahu perbedaannya, pastinya akan lebih hemat energi," ucapnya.