Sudin Nakertransgi Jakpus Targetkan 5.664 Orang Ditempatkan di Perusahaan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Jakarta Job Fair 2022, di Mal ITC Cempaka Mas, Kecamatan Kemayoran, Selasa (13/9). Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar Jakarta Job Fair 2022, di Mal ITC Cempaka Mas, Kecamatan Kemayoran, Selasa (13/9).

Kepala Dinas (Kadis) Nakertransgi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, Pameran Bursa Kerja diselenggarakan dalam rangka memfasilitasi atau mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

“Hal ini untuk membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan, dan pengguna tenaga kerja mendapatkan tenaga kerja, yang sesuai dengan formasi kebutuhan perusahaan,” terangnya.

Dia juga menyampaikan, pihaknya telah membangun kanal atau aplikasi jaknaker.id yang mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja secara online. Dalam aplikasi tersebut, daftar perusahan yang mencari lowongan kerja lebih banyak.

“Melalui jaknaker.id, pencari kerja dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilannya dan pemberi kerja bisa mencari pekerjaan sesuai usahanya,” urainya.

Di tempat yang sama, Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajad mengatakan, job fair ini diikuti oleh 40 perusahaan yang membuka kurang lebih 7.200 lowongan kerja.

"Tentunya perusahaan akan mencari kandidat yang cocok antara kualifikasi dan keterampilan. Tapi bagi yang ingin meningkatkan keterampilan bisa ikut berlatih dengan mendaftar di stan PPKD," ungkapnya.

Menurutnya, sebanyak 4.000 pencari kerja ditargetkan akan hadir dan diharapkan dapat mengisi seluruh lowongan kerja yang tersedia. Sehingga secara langsung dapat mengurangi jumlah penganggur di Jakarta.

“Tahun ini, Suku Dinas Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat memiliki target pencari kerja yang akan ditempatkan pada perusahaan sebanyak 5.664 orang,” tutupnya.