Sudin PPAPP Jakpus Akan Jalankan Digitalisasi Pusat Pelayanan Keluarga

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Shendy Adam

Plt Kasudin PPAPP Jakarta Pusat, Rizky Hamid menjelaskan soal PUSPA

 Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakarta Pusat (Jakpus) akan menjalankan program digitalisasi Pusat Pelayanan Keluarga (Puspa) yang digagas Dinas PPAPP DKI Jakarta tahun ini.

Plt Kasudin PPAPP Jakpus, Rizky Hamid menerangkan, digitalisasi program Puspa ini akan diluncurkan Dinas PPAPP DKI Jakarta pada awal tahun 2022. Program digitalisasi ini akan melibatkan Sudin PPAPP di seluruh wilayah termasuk Jakarta Pusat untuk menjalankan program digitalisasi layanan keluarga.

“Jadi layanan keluarga yang sebelumnya manual akan dilakukan secara digital. Sehingga para keluarga yang ada di Jakarta Pusat dapat beraktifitas secara digital,” ungkapnya.

Rizky menjelaskan, layanan pada Puspa digital ini di antaranya; layanan konseling keluarga, parenting, live chat, talkshow, hingga podcast yang akan diisi oleh jajaran Sudin PPAPP Jakpus, meskipun platform digitalnya digagas Dinas PPAPP. Terkait sosialisasi digitalisasi program Puspa ini nantinya akan dilakukan oleh kader dasawisma.

“Misalnya kegiatan parenting yang selama ini kita sosialisasi dari RT/RW tahun ini tidak lagi seperti itu. Kita sudah siapkan platform digitalnya yang digunakan Sudin PPAPP yang bisa diakses dan dimanfaatkan warga Jakpus,” jelasnya.

“Jadi, jika sebelumnya sosialisasi tatap muka jangkauannya 10-20 orang, dengan digitalisasi ini kita bisa membuat konten disebarkan melalui kader dasawisma sebanyak 7700 orang, dari 7700 orang ini punya kontak setiap keluarga, jangkauannya akan lebih besar,” tandasnya.