Sudin PPKUKM Jakpus Tuntaskan Pelatihan Desain Kemasan di Pasar Baru

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Penutupan pelatihan desain kemasan bagi warga dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Sawah Besar. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat menutup pelatihan desain kemasan bagi warga dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Pasar Baru sejak tanggal 10, 12,13, dan 14 Oktober 2022. Kegiatan ini ditutup dengan sesi konsultasi antara peserta pelatihan dan narasumber yang juga menjadi instruktur dalam pelatihan ini.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) PPKUKM Kecamatan Sawah Besar Ildawati menjelaskan, pelatihan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kualitas peserta dalam menjalankan bisnis UMKM-nya.

"Ya materi-materinya ada dari cara pengemasan, berapa harganya. Misalnya modal aset berapa, omsetnya berapa, itu kita udah ajari juga di sini supaya orang tertarik dengan produknya," terang Ilda, Jumat (14/10).

Sementara itu, Oka selaku narasumber sekaligus instruktur dalam pelatihan ini mengatakan, pelatihan yang diikuti oleh 40 peserta bertujuan membekali para peserta dengan pengetahuan tentang teknik marketing, branding, dan desain kemasan.

"Para pelaku UMKM ini diharapkan punya pengetahuan dasar tentang bagaimana penjualan, gimana membranding produk mereka, dan mengemas agar lebih menarik. Banyak dari para peserta UMKM ini kebanyakan baru mulai jual dari rumah tanpa pengetahuan atau strategi yang tepat," ujar Oka di lokasi.

Di tempat yang sama, Wijaya selaku peserta pelatihan mengungkapkan, pelatihan ini sangat membantu untuk memberikan pengetahuan tentang design sebuah produk.

"Dari kita yang masih ada kekurangan dalam design jadi terbantu. Design dari kita dipikirkan kembali oleh mereka, dan kita bisa compair mana yang lebih bagus buat kami pelaku UMKM," pungkasnya.