Sudin PRKP Jakpus Bakal Tata 23 RW Kumuh

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kepala Seksi Perencanaan Pengawasan Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Sudin PRKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Rendy Pramudia. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan penataan di 23 RW kumuh pada tahun ini.

Kepala Seksi Perencanaan Pengawasan Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Sudin PRKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Rendy Pramudia menerangkan, tahun ini pihaknya akan melakukan penataan di 23 RW kumuh di 12 kelurahan yang ada di Jakpus, di antaranya, Kelurahan Karet Tengsin, Kebon Melati, Petamburan, Kebon Kacang, Kampung Bali, Menteng, Pegangsaan, Mangga Dua Selatan, Karang Anyar, Kampung Rawa, Tanah Tinggi, dan Galur.

Ia mengatakan, ke 23 RW ini merupakan RW kumuh yang masuk kedalam program Collaborative Implementation Program (CIP) Sudin PRKP, dari total 38 RW yang masuk kedalam program Community Action Plan (CAP) Sudin PRKP.

“Dari 38 RW yang masuk CAP, tinggal 23 RW yang akan masuk ke dalam penataan RW kumuh program CIP tahun ini. Jadi perencanaannya itu ada di program CAP sementara implementasinya ada di CIP,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (12/1).

Rendy menjelaskan, dalam program penataan RW kumuh CIP ini nantinya sejumlah perbaikan akan dilakukan seperti perbaikan jalan dan saluran, pembuatan vertical garden, beautifikasi lingkungan seperti mural, pengadaan tempat sampah, rehabilitasi balai RW, dan rehabilitasi MCK.

“Untuk penataan CIP ini kita cukup kompleks, tidak hanya satu item saja. Tetapi ada banyak item pekerjaan yang dilakukan,” jelasnya.

Terkait kapan pelaksanaan CIP ke 23 RW tersebut, menurutnya, akan dilakukan mulai Maret mendatang. Sementara target penyelesainnya diperkirakan Oktober 2022 seluruhnya rampung dikerjakan.

“Dengan adanya penataan RW kumuh ini diharapkan dapat mengurangi kekumuhan di RW tersebut, sehingga lebih tertata lebih indah, itu harapan kita,” tandasnya.