Sudin PRKP Perbaiki Saluran di Kawasan Permukiman Kampung Rawa

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Perbaikan saluran mikro di kawasan permukiman, Kelurahan Kampung Rawa. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan perbaikan saluran mikro di kawasan permukiman, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan Collaborative Implementation Program (CIP).

Kasie Perencanaan dan Pengawasan Perumahan dan Kawasan Permukiman Sudin PRKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Randy Pramudia Aji menjelaskan, untuk kegiatan CIP di wilayah Kelurahan Kampung Rawa saat ini sedang berjalan yaitu perbaikan saluran mikro meliputi lima RW yakni RW 02, 03,04,06, dan RW 08.

"Berbagai macam saluran yang akan kita kerjakan antara lain saluran ukuran 30 cm, 40 cm, 50 cm, 60 cm, dan 80 cm. Jadi bervariasi saluran yang diperbaiki,"  kata Randy saat konfirmasi, Jumat (8/7).

Dia mengungkapkan, panjang saluran yang diperbaiki secara total kurang lebih sekitar 8.000 meter dengan lebar dan tinggi bervariasi. Perbaikan saluran ini menggunakan U-dict dan diberi plat tutup beton.

"Pelaksanaan perbaikan saluran ini sudah dilakukan sejak sejak awal April 2022 dan akan berakhir bulan 2022. Progres pekerjaan perbaikan saluran sudah mencapai 60 persen. Mudah-mudahan jika tidak ada halangan akhir Agustus 2022 selesai," ujarnya.

Sementara itu, Dewan Kota (Dekot) Perwakilan Kecamatan Johar Baru Rudy Suherman mengatakan, kegiatan ini sangat diapresiasi sekali oleh warga masyarakat karena di lingkungan khususnya Johar Baru ini yang terindikasi dekat bantaran kali dengan prioritas biasanya banjir.

"Penanganan perbaikan saluran ini sangat membantu sekali dalam arti kata yang tadinya saluran tidak jalan dibuatkan sodetan-sodetan untuk penguatan saluran supaya lancar," jelas Rudy.

"Perbaikan ini 1.000 persen membantu saluran-saluran baik dari perumahan, saluran anak gorong-gorong, sampai ke kali sehingga berjalan lancar," tambahnya.

Dia juga berharap jika saluran nanti sudah selesai dan bagus, dapat menjaga dan memelihara dengan baik. "Jagalah saluran ini dengan jangan membuang sampah sembarangan, jaga saluran dari sampah," imbaunya.

Di tempat yang sama, Ketua RW 03 Kelurahan Kampung Rawa Kosim mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda DKI Jakarta Khususnya Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Program CIP melakukan perbaikan saluran.

"Mudah-mudahan dengan perbaikan saluran tidak ada lagi genangan seperti yang sudah-sudah. Dan program CIP di kawasan permukiman kumuh ini sangat membantu sekali," imbuhnya.