Sudin SDA Jakpus Bangun Saluran di Jalan Veteran III

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pembangunan saluran baru di Jalan Veteran III, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pembangunan saluran baru sepanjang 93 meter, di Jalan Veteran III, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Achmad Daeroby mengatakan, pembangunan saluran baru ini dilakukan untuk mengantisipasi genangan di sekitar Jalan Veteran serta menindaklanjuti usulan dari Kantor Dirjen Kemasyarakatan, karena di area gedung tersebut sering tergenang saat hujan lebat.

"Existing dari saluran ini tidak ada, sehingga pihaknya membuatkan saluran air baru," ucap Robby saat melakukan pemantauan pembuatan saluran air, di lokasi, Senin (9/1).

Lebih lanjut Robby menuturkan, total panjang bangunan saluran air 93 meter lebar 60 cm dan ketinggian bervariasi ada yang sekitaran 80 sampai dengan 150 cm. Progres pembangunan saluran air sudah mencapai 25 meter atau 26,6 persen.

"Pembangunan saluran air baru tersebut  dilaksanakan sejak pertengahan Desember 2021 dengan menerjunkan 20 personil Satgas serta menggunakan satu unit Ekskavator mini dan alat manual seperti, cangkul, sekop, adukan semen, ember, gerobak dorong, dan bahan material," katanya.

Robby mengaku, pihaknya tidak menggunakan U-u ditch karena terkendala banyak kabel utilitas sehingga melakukannya dengan pemasangan turap menggunakan batu kali di dua sisi dan slup cor. Diperkirakan akhir Januari 2021 semua rampung dikerjakan.

Ia menambahkan, pembangunan saluran air di wilayah Jakarta Pusat ada empat titik yakni, di Iman Bonjol, Jalan Teuku Umar Kecamatan Menteng, Jalan Karet Pasar Baru Timur II Kecamatan Tanah Abang, dan di Jalan Veteran III Kecamatan Gambir.

"Mudah-mudahan dengan adanya bangunan saluran baru ini dapat meminimalisir genangan di kawasan tersebut," tandasnya.