Sudin SDA Jakpus Perbaiki Tutup Pelat Saluran di Kalibaru Timur

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin SDA memperbaiki tutup pelat saluran sekaligus meninggikan dan menguras saluran di Jalan Kalibaru Timur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan perbaikan tutup pelat saluran sekaligus meninggikan dan menguras saluran di Jalan Kalibaru Timur, Gg 8, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Senen Zulfahmi mengatakan, perbaikan tutup pelat saluran dilakukan karena hampir seluruh penutup saluran tersebut sudah banyak yang rusak dan rapuh. Sehingga dapat membahayakan warga maupun pengendara kendaraan.

"Kita perbaiki tutup pelat saluran dengan menggunakan cover u-ditch ukuran 400 x 800 mm. Selain itu, dinding saluran ditinggikan dan kuras, agar bisa menampung debit air hujan lebih banyak," jelas Zulfahmi saat dikonfirmasi, Jumat (11/3).

Zulfahmi menuturkan, perbaikan penutup pelat saluran ini merupakan usulan warga melalui Musrenbang tahun 2021. Adapun panjang saluran yang diperbaiki 175 meter dimensi 40cm x 45cm. Sampai saat ini saluran yang sudah dikerjakan sudah mencapai 90 meter atau progres-nya 51,4 persen.

Zulfahmi juga mengungkapkan, dalam perbaikan saluran tersebut menggunakan alat breaker genset, cangkul, sendok semen, linggis, palu, gergaji, dan ember dengan mengerahkan 12 orang Satgas kecamatan.

"Setelah penutup saluran selesai semoga tidak ada lagi sampah yang masuk ke saluran dan tidak membahayakan pengguna jalan," pungkasnya.