Sudin SDA Lakukan Normalisasi Saluran di Gang Kelinci II Pasar Baru

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satpel Sudin SDA melakukan normalisasi saluran air di Jalan Kelinci II RT 13/04 Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Satuan Pelaksana (Satpel) Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kecamatan Sawah Besar melakukan normalisasi saluran air di Jalan Kelinci II RT 13/04 Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Achmad Daeroby menjelaskan, normalisasi dilakukan karena ada beberapa saluran air mikro yang tidak berfungsi di wilayah Jakarta Pusat. Perbaikan dilakukan untuk mengurangi atau mengatasi genangan air saat hujan lebat.

Seperti hal yang dilakukan Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Daya Air Kecamatan Sawah Besar saat ini sedang melakukan normalisasi saluran air mikro di Jalan Kelinci II menggunakan U-ditch sepanjang 118 meter.

"Pengerjaan sudah mencapai 85 meter dari total sepanjang 118 meter dengan dimensi 60x70 cm. Existing awal saluran air mikro yaitu 40x40 cm,” ujar Daeroby, Selasa (18/1).

Dikatakan Daeroby, perbaikan saluran air mikro di Jalan Kelinci II tersebut menindaklanjuti permintaan warga. Pengerjaannya sudah dilakukan sejak awal Desember 2021 dengan mengerahkan 20 Satgas SDA kecamatan dan dibantu alat berat ekskavator mini.

"Jika tidak ada halangan pekerjaan perbaikan saluran di Jalan Kelinci II, akhir Januari 2022 selesai," ucapnya.

Sementara itu, Ketua RT 13/04 Kelurahan Pasar Baru Loapiabun (60) mengapresiasi atas pekerjaan perbaikan saluran air mikro di wilayahnya. Permintaan warga sangat cepat direspon Sudin SDA Jakarta Pusat yang telah menindaklanjuti permintaan warga dalam perbaikan saluran.

"Pengerjaan saluran sangat baik dan rapi. Mudah-mudahan dengan normalisasi saluran air ini bisa mengurangi atau mengatasi genangan di kawasan sekitar pada saat hujan deras," tandasnya.