Sudinsos Jakpus Jaring Puluhan PPKS Sepanjang Januari-Februari 2022

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sudin Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menjaring puluhan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) sepanjang Januari-Februari 2022.

Kasudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam menerangkan, sebanyak 42 PPKS terjaring mulai dari 1 Januari hingga 21 Februari 2022 dari pengawasan yang dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S).

Menurutnya, untuk menjangkau puluhan PPKS ini petugas disebar di sejumlah lokasi rawan PPKS seperti, Jalan Samanhudi, Jalan Galur, Jalan Jati Baru, kawasan Karet Bivak, seputaran Bundaran HI dan Imam Bonjol, terminal Senen, Jalan Rawasari serta Harmoni.

"Petugas TCR ini dibagi menjadi dua shift. Mereka melakukan pemantauan dari pagi hingga malam hari. Petugas juga mengamati gelagat PPKS saat beraksi di jalanan, umumnya di jalan yang ramai," terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/2).

Terkait maraknya PPKS di wilayah Jakpus, kata Abdul, pihaknya juga mengimbau warga agar tidak mudah memberikan uang di jalan kepada para PPKS, jika ingin memberikan bantuan warga dapat menyalurkan melalui lembaga resmi.

"PPKS yang terjaring, kita bawa ke panti sosial Bina Insan Bangun Daya untuk diberikan pembinaan dan pembekalan keterampilan. Namun, sebelumnya kita swab antigen terlebih dahulu," tandasnya.