Sudinsos Perketat Pengawasan PPKS di Tiga Titik Lokasi

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudinsos Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat selama bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri 1443 H akan memperketat pengawasan ditiga titik lokasi wilayah rawan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Kasudinsos Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Salam mengatakan, seperti  diketahui bahwa setiap bulan Ramadan dan Idul Fitri di DKI Jakarta khususnya wilayah Jakarta Pusat kerap terjadi permasalahan sosial.

Untuk mengantisipasinya, lanjut Abdul, Sudinsos terus melakukan pengawasan terhadap PPKS dengan menerjunkan 83 anggota Satgas Petugas Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S).

"Ada tiga titik lokasi rawan PPKS yakni, Kemayoran, Cikini, dan Salemba. Selama bulan Ramadan sampai perayaan Idul Fitri kita akan fokus di tiga lokasi ini. Namun, bukan berarti wilayah lain tidak diperhatikan, wilayah lain juga kita lalukan pengawasan dengan cara keliling wilayah," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (7/4).

"Dalam pengawasan terhadap PPKS di wilayah Jakarta Pusat, Satgas P3S terbagi dalam tiga shift yakni, pagi pukul 07.00- 15.00 WIB, sore pukul 15.00-23.00 WIB, dan malam pukul 23.00-07.00 pagi," ungkapnya.

Lebih lanjut Abdul menuturkan, selain melakukan pengawasan di tiga titik lokasi tersebut, Para petugas juga melakukan pengawasan di tempat ibadah seperti, Masjid Istiqlal, Masjid Cut Mutia, Masjid Sunda Kelapa, dan masjid lainnya. Selain itu, di TPU Karet Bivak, TPU Kawi-kawi, TPU Pasar Baru Barat, dan TPU Petamburan.

"Harapan kami, agar warga masyarakat yang ingin beramal memberikan infaq, sedekah, maupun zakat kepada PPKS jangan di jalan. Lebih baik memberikan melalui platform yang sudah tersedia oleh pemerintah maupun swasta agar lebih teratur dan tertib," imbaunya.