Tahun Ini, Aspem Akan Kembali Lakukan Pembinaan Pelayanan Publik

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany. Foto: H. A. Daelani

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), Denny Ramdany akan melakukan kembali pembinaan pelayanan publik di 44 kelurahan dan delapan kecamatan.

Denny mengatakan, pembinaan pelayanan publik ini sudah dijadwalkan. Namun, pihaknya masih menunggu situasi terkait penyebaran virus Omicron di wilayah Jakpus.

“Harusnya sudah mulai jalan di bulan ini. Namun pelaksanaanya kapan kita lihat situasinya karena penyebaran Omicron ini,” terangnya saat dikonfirmasi, Jumat (4/2).

Denny menjelaskan, pembinaan pelayanan publik ini penting dilakukan, untuk memberikan penyegaran bagi seluruh perangkat yang berkaitan dengan pelayanan publik. Nantinya pelaksanaan pembinaan ini akan dilakukan di dua lokasi kelurahan dalam satu hari.

“Walaupun temen-temen di wilayah sudah tahu terkait mekanisme dan aturan pelayanan publik. Namun mereka tetap harus di-refresh kembali terkait pelayanan terhadap masyarakat,” terangnya.

Sejauh ini, lanjut Aspem, pelaksanaan pembinaan evaluasi yang sudah dilakukan dari tahun ke tahun memberikan dampak signifikan terhadap UKPD.

Ia juga mencontohkan ada perangkat kelurahan yang akhirnya memahami bagaimana mengurus persoalan aset dan tanah di lingkup kelurahan, dengan adanya pembinaan pelayanan publik ini.

“Dengan adanya pembinaan publik ini UKPD lebih memahami mekanisme dan aturan main yang berlaku. Jadi UKPD tidak langsung jalan sendiri ada aturannya, ada pegangannya, ada guidance (panduan)-nya,” tandasnya.