Tahun Ini Data Carik Siap Digunakan Musrenbang

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Plt Kasudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Rizky Hamid. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Plt Kasudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Rizky Hamid menyebutkan tahun ini Data Carik yang dihimpun Dasawisma dapat digunakan untuk Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Hal tersebut, lanjutnya, menyusul permintaan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, untuk menggunakan Data Carik sebagai rujukan data perencanaan pembangunan dalam Musrenbang.

Rizky menjelaskan, jika dalam pelaksanan Musrenbang tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat ingin memanfaatkan Data Carik tahun 2022.

Menurutnya, Dinas PPAPP akan membuat sebuah dashboard yang nantinya bisa diakses oleh SKPD maupun UKPD yang ada di Jakarta Pusat.

“Contoh kelurahan mau buka data keluarga yang memiliki jamban atau yang tidak memiliki saluran septic tank dan sebagainya, untuk program sanitasi misalnya. Atau data keluarga yang kesejahteraanya kurang bisa ditunjukan di Carik, UKPD bisa melihat data itu,” terangnya.

Dengan data itu, kata Rizky, dapat dijadikan basis atau data dasar perencanaan Musrenbang. Sehingga nantinya data sasaran Musrenbang benar-benar berdasarkan data faktual. Bukan hanya berdasarakan usulan yang datang.

“Biasanya mungkin Musrenbang usulan dari yang datang saja, meskipun teorinya tidak semua seperti itu. Tapi dengan adanya data faktual dari Data Carik ini dapat memberikan seluruh gambaran potensi keluarga yang ada di Jakpus,” jelasnya.

Terkait kapan kesiapan Data Carik ini digunakan, Rizky mengatakan, saat ini proses pendataan data keluarga oleh Dasawisma sudah mencapai 70 persen. Pihaknya memperkirakan Januari-Februari 2022 pendataan Carik selesai dilakukan.

“Insya Allah siap, karena kita sudah punya basis data dari 2020. Data 2021-2022 selesai, data diolah sedikit untuk konfirmasi, nanti bisa siap dimanfaatkan untuk tahun 2022 ini,” tandasnya.