Tahun Ini Sudin Kebudayaan Rencanakan Beri Pelatihan Bagi Difabel

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M. Nurdin. Foto: dok pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat, berencana memberikan pelatihan seni dan budaya bagi para difabel pada tahun ini.

Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M. Nurdin mengatakan, tahun ini pihaknya ingin membuat inovasi baru dalam pelatihan kebudayaan yang biasanya diadakan Sudin Kebudayaan. Biasanya sasaran dari pelatihan tersebut merupakan warga pada umumnya.

Pada tahun ini, ia ingin mengandeng kelompok difabel untuk mengikuti pelatihan kebudayaan. “Kita ingin mencari terobosan, kita akan tarik penyandang difabel untuk kita berikan pelatihan di tahun 2022 ini,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (18/1).

Nurdin menerangkan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan ruang dan waktu bagi para difabel mengikuti pelatihan yang diminati. Nantinya, pihaknya akan bekerja sama dengan Sudin Pendidikan, komunitas difabel yang ada di Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk berdiskusi menentukan jenis pelatihan apa yang akan diberikan.

“Jadi nanti kita duduk bareng mendengar masukan dan menentukan pelatihannya dalam bentuk apa, melukis atau menari, atau yang lainnya nanti akan kita gali,” jelasnya.

Terkait kejelasan kapan kegiatan ini akan dilaksanakan, menurutnya, pihaknya juga masih menunggu kepastian anggaran di tahun 2022.