Tekan Penyebaran Covid-19, Kelurahan Rawasari Lakukan Sejumlah Tindakkan Antisipasi

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Satpol PP Kelurahan Rawasari rutin melakukan operasi tertib masker. Foto:pusat.jakarta.go.id

Saat ini, perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron di Jakarta semakin meningkat karena penularannya yang begitu cepat.

Guna menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Cempaka Putih khususnya di Kelurahan Rawasari, Lurah Rawasari Muhammad Arief Biki mengaku telah melakukan sejumlah tindakan antisipasi.

"Sejak pertengahan Januari 2022 lalu, sejak tren Covid-19 mulai naik kita telah mengumpulkan kembali Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang ada di lingkungan RW untuk melakukan konsolidasi penanganan Covid," ucapnya saat dihubungi, Senin (7/2).

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut juga untuk mengingatkan kembali kepada Satgas RW bahwa telah bersama-sama melewati dan menghadapi fase ini.

"Kita mengingatkan lagi bahwa pernah melalui dan menjalaninya fase kenaikan Covid-19. Sekarang walaupun sempat mereda trennya kembali naik lagi, kita balik lagi fokus ke penanganan pandemi agar warga terlindungi," katanya.

Arief Biki menjelaskan, penerapan protokol kesehatan (prokes) di wilayahnya cukup baik bahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selalu menggelar operasi tertib masker setiap hari.

"Prokes cukup baik, Satpol PP juga rutin setiap hari melakukan operasi tertib masker untuk pendisiplinan warga terhadap pelanggaran-pelanggaran tersebut," jelasnya.

"Warga yang terjaring operasi tertib masker dominan bukan warga Rawasari. Warga Rawasari cukup disiplin untuk prokes-nya," imbuhnya. 

Kelurahan Rawasari, kata Arief Biki, juga telah menyalurkan bantuan dari Dinas Sosial untuk membantu meringankan beban warga yang terpapar dan terdampak Covid -19.

"Kelurahan Rawasari sudah menyalurkan bantuan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing. Dan saat ini kami juga kembali melakukan pendataan warga yang sedang isoman untuk diajukan ke Dinas Sosial," jelasnya.

Untuk diketahui, angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Rawasari hingga Minggu (6/2), mencapai 430 orang dengan rincian 38 Orang dirawat, 392 menjalani isolasi mandiri, dan tujuh orang telah dinyatakan sembuh.