Tekan Populasi Kucing, Sudin KPKP Gelar Sterilisasi Gratis

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sterilisasi kucing lokal, di Pet Vet Animal Clinic, Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Karet Tengsin, Kamis (9/6). Foto: Berlian Sigit

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar sterilisasi kucing lokal gratis berpemilik untuk warga khusus Tanah Abang, di Pet Vet Animal Clinic, Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Karet Tengsin, Kamis (9/6).

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta dan Pet Vet Animal Clinic Tanah Abang.

"Selain dalam rangka Hajatan Jakarta juga untuk menekan populasi kucing di DKI Jakarta. Sekaligus mempertahankan status DKI Jakarta bebas rabies, serta menjadikan warga bijak dan bertanggung jawab atas hewan peliharaannya terutama kucing," katanya.

Hera menjelaskan, kali ini kuota sterilisasi kucing lokal gratis berpemilik sebanyak 125 yang dibagi di delapan kecamatan lainnya di wilayah Jakarta Pusat. "Di Kecamatan Tanah Abang ini ada 20 ekor kucing jantan dan empat ekor kucing betina yang telah di sterilisasi," jelasnya.

Untuk sterilisasi ini, lanjutnya berlangsung mulai tanggal 8-18 Juni 2022 di lima klinik yang ada di Jakarta Pusat. "Kita menyesuaikan jadwal praktek dokter, sehingga pelaksanaannya berbeda-beda di setiap klinik. Ada yang hanya sekali pelaksanaan, dua kali, atau bahkan empat kali pelaksanaan. Tergantung dari jadwal dokter," ucapnya.

"Jadwalnya bisa menghubungi narahubung kami yang sudah di-posting di instagram Sudin KPKP Jakarta Pusat," imbuhnya.

Baca Juga:

Sudin KPKP Jakpus Sterilisasi 100 Kucing Jantan

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) KPKP Kecamatan Tanah Abang Aulia mengatakan, antusias masyarakat dalam mengikuti sterilisasi ini sangat bagus bahkan tak tertampung.

"Sterilisasi ini banyak sekali peminatnya namun, kuota terbatas. Semoga ke depan kuotanya akan lebih banyak lagi," tandasnya.