Terima Kunjungan Anggota Komisi IX DPR RI, Wali Kota: Sudah Waktunya Berkolaborasi

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemkot Administrasi Jakarta Pusat menerima kunjungan anggota DPR Komisi IX. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menerima Kunjungan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX Kurniasih Mufidayati di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis(6/1).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, kedatangan Kurniasih ini memberikan kesempatan untuk dirinya bersama jajaran untuk mendapatkan gambaran kebijakan di tingkat pusat yang terkait dengan kewilayahan.

"Ini merupakan suatu titik yang bagus untuk kita sama-sama memahami suatu entintas bahwa Jakarta Pusat memiliki wakil rakyatnya di DPR RI dari Dapil Jakarta Pusat, dan memiliki saluran yang jelas untuk bisa mempengaruhi kebijakan publik," katanya.

Dengan pertemuan ini, lanjut Dhany, ke depan jika memiliki keterkaitan dengan sektor yang ada di komisi IX bisa langsung direspon.

Dhany pun mengungkapkan saat ini sudah waktunya berkolaborasi bukan lagi mengkotak-kotakan. "Saat ini sudah tidak zaman ego sektor, yang penting sekarang desainnya harus holistik, temanya jelas, terintegrasi, basisnya spasial. Itu komitmen bersama yang harus dibangun, sehingga lebih mudah menyelesaikan masalah dalam situasi seperti ini," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPR Komisi IX  Kurniasih Mufidayati mengutarakan kunjunganya saat ini ialah untuk melaksanakan amanat undang-undang.

"Karena setiap anggota DPR RI punya kewajiban reses turun ke masyarakat, dan dalam UU MD3 tujuan reses adalah bersilaturahmi dan menyerap aspirasi dari Pemda, dinas terkait, masyarakat komunitas, dan yayasan," ucapnya.

Dalam pertemuan ini Kurniasih akan menyampaikan semua diskusi dan masukan yang telah dilakukan bersama Wali Kota Jakarta Pusat bersama jajarannya dalam rapat komisi IX.

"Diskusi ini akan saya bawa ke rapat sidang ke depan dan akan sampaikan langsung kepada direksi BPJS Kesehatan karena mitra kami. Insya Allah mudah-mudahan kebutuhan-kebutuhan dari Jakarta Pusat yang bisa kita kolaborasikan dengan program APBN," katanya.

Turut hadir mendampingi wali kota,  Asisten Asministrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M. Fahmi, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rokhim, Kepala Bagian Umum dan Protokol Kota Administrasi Jakarta Pusat Istya Sati, dan Dewan Kota Jakarta Pusat.