TP-PKK Bersama Sudin KPKP Panen Bunga Rosella

Reporter: Harisa Ninda Staff Intern | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah memanen bunga Rosella. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) melakukan panen bunga Rosella, di Kebun Bhineka, Kelurahan Kebun Kosong, Kecamatan Kemayoran, Rabu (24/8).

Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerangkan bahwa pohon Rosella ini pertama kali tumbuh di wilayah Jakarta Pusat tepatnya di Kebun Kosong yang sudah ada sejak tahun 1985.

"Tidak hanya pemeliharaan saja tapi bunga Rosella ini juga bisa dibudidayakan. Di Kebun Bhineka ini sudah terdapat 160 pohon Rosella yang merupakan ikon dari Jakarta Pusat," katanya di lokasi.

Menurutnya, bunga Rosella memiliki banyak manfaat, kaya akan anti oksidan, bisa mencegah TBC, dan ada beberapa khasiat lainnya. "Jakpreneur binaan juga sudah membuat minuman dari bunga Rosella yang kemasannya sudah keren," ungkapnya.

Ucu berharap bahwa Jakarta Pusat bisa memanfaatkannya pohon Rosella dengan baik karena tanaman ini termasuk tanaman yang berkhasiat dan bisa dinikmati dengan mudah. "Karena dijadikan sebagai ikon semoga masyarakat Jakarta Pusat bisa terus membudidayakannya," tutupnya.