TP PKK Jakpus Gelar Dongeng Islami Ramadan di RPTRA MH Thamrin

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Dongeng Islami Ramadan, di RPTRA MH Thamrin, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Kamis (21/4) sore. Foto: Maulana

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar Dongeng Islami Ramadan, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) MH Thamrin, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Kamis (21/4) sore.

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat sekaligus sebagi Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program Pokja 2 yaitu mendongeng.

"Ini adalah salah satu upaya kita untuk anak-anak yang ada di Jakarta Pusat bahagia, bahagia memberikan nilai-nilai yang baik dengan memberikan rangsangan dan ilmu kepada anak-anak bagaimana makan makanan bergizi di bulan Ramadan," ungkapnya.

Menurutnya, mengajarkan anak melalui media dongeng merupakan cara yang efektif, ringan, dan lebih mudah diterima anak-anak. "Kita lihat anak-anak sangat antusias menikmati dongeng yang dibawakan oleh Mrs Nila dari Karet Tengsin," ucapnya.

Ucu menjelaskan, dalam kegiatan ini mengangkat tema "Aku Makan Makanan Bergizi Ketika Berpuasa" untuk mendukung program Bunda Paud Provinsi DKI Jakarta yaitu "Bagimu". 

"Bagimu adalah bahagiakan anak, Gi nya adalah beri gizi terbaik dan Mu nya ialah menstimulus anak di usia Paud ini," jelasnya.

Masa anak, lanjut Ucu, merupakan masa emas yang tidak akan terulang lagi. Dengan kegiatan ini dapat merangsang anak dengan nilai-nilai yang baik melalui dongeng, sehingga menjadi bekal anak di masa mendatang. "Mendongeng juga harus menjadi kebiasaan bagi orang tua. Harapannya orang tua juga bisa mendongeng," harapnya.

Di lokasi yang sama pembimbing Paud Kemuning Kemayoran Hesti menyambut baik kegiatan mendongeng di bulan Ramadan ini karena menurutnya mendongeng melatih anak-anak untuk lebih kreatif.

"Acaranya bagus sekali, anak-anak antusias. Semoga lebih sering dan dongengnya lebih baik lagi, lebih bagus, dan menarik lagi serta alat peraganya lebih oke lagi," pungkasnya.