TP PKK Jakpus Kunjungi Gang Hijau Kelurahan Kwitang

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman tanaman di RT 01 RW 07 Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Kamis (9/6). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengunjungi Gang Hijau, di RT 01 RW 07 Kelurahan Kwitang, Kecamatan Senen, Kamis (9/6).

Wakil Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Emma Gemma Diana mengatakan, kedatangan bersama Wakil Ketua II Tim TP PKK Jakarta Pusat Herlina Iqbal, pengurus PKK tingkat kecamatan dan kelurahan dalam rangka memonitor pengembangbiakan tanaman Rosela yang menjadi ikonnya Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Kegiatan ini adalah road show ikon Jakarta Pusat yaitu, Rosela. Sudin KPKP telah memberikan bibit Rosela ke setiap wilayah di Jakarta Pusat, jadi kita datang ke setiap kecamatan untuk melihat progresnya," kata Emma Gemma Diana.

Emma juga memuji pemeliharaan di taman ini, terawat, dan indah dipandang serta bisa menghasilkan rupiah. "Tanamannya bagus-bagus, di situ ada tanaman Aloe Vera, dan Betadine yang banyak dicari orang, sehingga bisa dijual dan menghasilkan," ucapnya.

Dalam road show ini juga diikuti dengan penanaman tanaman Rosela dan Aloe Vera, dilanjutkan dengan memanen ikan lele.

"Harapannya dengan kunjungan ini warga dapat mengembangbiakkan tanaman Rosela ini, serta dapat diolah menjadi berbagai macam makanan maupun minuman yang enak dan unik yang dapat dijual," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kwitang Rasimun menjelaskan, di gang hijau ini terdapat berbagai macam tanaman mulai dari ikon Kota Jakarta Pusat yaitu Rosela, Ikon Kecamatan Senen Aloe Vera, tanaman buah, dan tanaman toga.

"Dalam merawat tanaman di sini kami berkolaborasi dengan Satpel KPKP Kecamatan Senen. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi untuk wilayah lain," jelasnya.

Menurutnya, Gang Hijau di RT 01 RW 07 ini merupakan pilot project yang mengawali gang-gang hijau di Kelurahan Kwitang. "Sedang kami budidayakan di RW lain, harapannya seluruh RT dan RW  di Kelurahan Kwitang memiliki gang hijau," tutupnya.