TP-PKK Panen Pakcoy di RPTRA Kebon Sirih

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

TP-PKK melakukan panen sayur pakcoy di RPTRA Kebon Sirih. Foto: pusat.jakarta.go.id

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pengelola RPTRA Kebon Sirih memanen tanaman hidroponik berjenis pakcoy.

Panen pakcoy tersebut berlangsung di RPTRA Kebon Sirih, Jalan Srikaya II No 14, RT 15 RW 07, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/3).

Ketua TP PKK Kelurahan Kebon Sirih Ida Farida mengatakan, hasil panen hari ini sebanyak 3,5 kilogram pakcoy. Nantinya hasil panen ini akan dijual dan dikonsumsi sendiri.

"Alhamdulilah hari ini kita bisa kumpul untuk panen meskipun cuaca gerimis. Dari hasil penjualan akan dipergunakan sebagai operasional pembelian bibit dan vitamin. Sedangkan yang tidak terjual dijadikan olahan minuman untuk dikonsumsi bersama," katanya.

Ida menjelaskan, proses panen pakcoy ini memakan waktu dua bulan dan sesuai dengan kondisi cuaca saat ini. Selain pakcoy, pihaknya juga menanan sayuran seperti kangkung, bayam, dan selada.

Menurutnya, di RPTRA Kebon Sirih ini juga memiliki kolam gizi yang ukuran 6x1,5 meter diisi dengan ikan nila. "Selain panen sayuran, kami juga nantinya akan melakukan panen ikan yang ada di kolam gizi. Mungkin dua minggu lagi ikan tersebut bisa kita panen bersama kembali," ujarnya.

Ida menerangkan saat ini di Kelurahan Kebon Sirih baru memiliki tiga rak hidroponik, yaitu di RPTRA, kantor kelurahan, dan RW 10. Ia juga berharap untuk warga Kebon Sirih dapat melakukan tanam hidroponik secara mandiri di rumah.

"Semoga setiap warga dapat menanam secara hidroponik seperti ini, karena panen hidroponik ini memiliki manfaat untuk ketahanan pangan keluarga," jelasnya.

Dalam panen sayur pakcoy di RPTRA Kebon sirih ini juga dihadiri Lurah Kebon Sirih dan Sekertaris Kelurahan Kebon Sirih.