TP-PKK Panen Sayuran Hidroponik di Rooftop Mako Paspampres

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan panen sayur hidroponik di rooftop Mako Paspampres. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat memanen sayuran hidroponik hasil produksi di  rooftop Mako Paspampres, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Senin (22/3).

Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengapresiasi atas pengelolaan sayuran hidroponik di rooftop Mako Paspampres dan ini sesuai dengan program PKK Jakarta Pusat yakni ketahanan pangan keluarga.

"Ini sangat keren sekali, banyak sayuran hidroponik yang terus konsisten ditanam tanpa henti di Rooftop Mako Paspampres," ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, dengan kunjungan ini mudah-mudahan dapat menginspirasi TP-PKK Jakarta Pusat mau menanam sayuran hidroponik di lahan kecilpun bisa dimanfaatkan dan dapat menghasilkan guna meningkatkan ekonomi keluarga.

"Saya berharap di bawah bimbingan Sudin KPKP bisa menanam terus, tidak hanya dihidroponik saja, bisa diember maupun polybek dan sebagainya. Yang penting warga Jakarta Pusat mau menanam sayuran untuk ketahanan pangan keluarga," jelasnya.

Sementara itu, Waden Komplek Paspampres Mayor Chb Fatoni mengatakan, ada berbagai jenis sayur yang ditanam di 9.000 lubang tanaman hidroponik seperti, sayuran kale, kangkung, bayam, selada, dan lain sebagainya.

"Kali ini kita panen jenis sayuran kale yang manfaatnya sangat baik sekali untuk kesehatan. Hasil panen sebagian dikomsumsi sendiri untuk keluarga di lingkungan asrama dan sebagian lagi dijual," kata Mayor Fatoni didampingi Denma Paspampres Czi Rudy, dan pengelola sayuran Hidroponik Rooftop Mako Paspampres Serda Triyono.

Menurutnya dalam pengelolaan sayuran hidroponik ini bekerja sama dengan hydrofarm, jadi sudah diuji lab dan hasilnya memenuhi syarat, sehingga dapat dijual ke supermarket.

"Menanam sayuran hidroponik di rooftop sangat positif, bisa ditularkan kepada masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan diharapkan bisa berkembang terus," jelasnya.

Turut hadir dalam panen di rooftop Mako Paspampres, Wakil Ketua II PKK Herlina, Wakil Ketua III PKK Marsella, Ketua PKK Kecamatan Gambir, Rahmawati, dan Camat Gambir Fauzi.