TP-PKK Pusat Tinjau Vaksinasi di RPTRA Mutiara Sumur Batu

Reporter: Shendy Adam F | Editor: Shendy Adam F

TP-PKK Pusat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak dan dosis ketiga dewasa di RPTRA Mutiara, Sumur Batu. Foto: Angga Rizkyanda

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak dan dosis ketiga dewasa di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mutiara, Sumur Batu, Rabu (9/2). Selain melihat langsung proses vaksin, TP-PKK Pusat juga menyerahkan bantuan berupa masker dan hand sanitizer.

Ketua Bidang IV (Kesehatan Keluarga dan Lingkungan) TP-PKK Pusat, Syafriati Safrizal hadir dalam kesempatan tersebut bersama dengan Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati. Turut mendampingi di antaranya Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin dan Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ucu Jamilah.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin melaporkan bahwa target vaksinasi anak di wilayah Jakarta Pusat adalah sebesar 108.132. “Alhamdulillah saat ini cakupan vaksinasi anak kita sudah mencapai 84,05% atau sebanyak 90.885 anak sudah menerima dosis pertama, sedangkan dosis kedua sudah 52,75% atau 14.373 anak,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Bidang IV TP-PKK Pusat mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan Covid-19. “Sebelum berangkat ke sini, tadi saya sempat membuka dulu website corona.jakarta.go.id dan saya lihat lengkap sekali datanya, termasuk data cakupan vaksinasi,” kata Syafriati. Menurutnya, Indonesia saat ini termasuk lima besar negara dengan jumlah warganya yang terbanyak menerima vaksin Covid-19, dan Jakarta adalah provinsi dengan capaian terbesar.

Lebih lanjut, ia juga memuji kecepatan jajaran Jakarta dalam melakukan vaksinasi. “Kebetulan saya punya anak yang masih usia sekolah. Begitu saya dengar ada kebijakan Presiden Jokowi mengarahkan vaksinasi untuk anak, seminggu kemudian anak saya sudah mendapat undangan vaksin dari sekolahnya,” tutur perempuan yang kerap disapa Nana ini.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta bersyukur akan capaian vaksinasi di Jakarta sejauh ini. “Kesuksesan vaksinasi di Jakarta itu kerja banyak orang, PKK ikut terlibat, warga ikut terlibat, kemudian dibantu juga dengan pendaftaran yang mudah, adanya (aplikasi) JAKI,” ungkap Fery.

Ia meminta para kader TP-PKK untuk selalu semangat mengajak serta warga yang belum divaksin. “Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan walaupun sudah divaksin,” ujarnya.