Tumbuhkan Perilaku Menolong, Pencanangan Bulan Bakti Pramuka Tahun 2022 Digelar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pencanangan Bulan Bakti Pramuka Tahun 2022, di Halaman Kantor Wali Kota, Minggu (31/7). Foto: Maulana

Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-61 dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Gerakan Pramuka Kwartir Nasional menggelar Pencanangan Bulan Bakti Pramuka Tahun 2022, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Minggu (31/7).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Juhandi yang menghadiri pencanangan ini mengatakan, bulan bakti pramuka ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun agar dapat menumbuhkan perilaku membantu atau menolong pada jiwa anggota pramuka.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mendukung penuh kegiatan ini dengan membantu memberikan fasilitasi kegiatan di kantor wali kota ataupun Fasilitas yang merupakan Aset Pemerintah Daerah. "Semoga pandemi cepat berlalu, sehingga aktivitas kepramukaan bisa terus kita optimalkan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah DKI Jakarta Bidang Pengabdian Masyarakat Ratiyono menjelaskan, pencanangan ini digelar secara hybrid  diikuti wilayah lainnya secara online dan bulan bakti ini akan berlangsung selama satu bulan penuh yaitu mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2022.

"Kita akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti pramuka berbagi, pramuka mengajar, pramuka berwirausaha, pembersihan monumen bersejarah dan donor darah serta kegiatan lainnya termasuk pengabdian masyarakat," jelasnya.

"Ini penting untuk menumbuhkan jiwa pramuka yang rela menolong, rela berkorban, yang akan kita wujudkan dalam gerakan ini," imbuhnya.

Ratiyono menegaskan, meskipun tahun ini bulan bakti pramuka bersamaan dengan Jambore Nasional tetapi tetap harus ditingkatan.

"Kalau kemarin di masa pandemi kita menyesuaikan, tahun ini kita menumbuhkan dan pulihkan masyarakat dengan pramuka berwirausaha berkolaborasi bersama masyarakat, semoga pramuka bisa terus dirasakan di masyarakat," tandasnya.