Upaya Kader Jumantik RW 04 Petojo Selatan Pertahankan Nol Kasus

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Shendy Adam

Kader Jumantik Kelurahan Petojo Selatan

Belasan kader jumantik RW 04 melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 02 RW 04 Petojo Selatan, Gambir, Jumat (4/11). Wilayah RW 04 Kelurahan Petojo Selatan sampai saat ini masih berstatus nol kasus Demam Berdarah Dengue. 

 

Meski demikian, tidak menyurutkan semangat kader jumantik untuk tetap melaksanakan PSN. Kegiatan PSN ini diawali dengan edukasi terhadap para kader jumantik yang diberikan petugas Puskesmas Kecamatan Gambir di aula Pos RW 04.

 

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kelurahan Petojo Selatan, Rinda menuturkan kegiatan PSN ini dilakukan setiap hari Selasa dan Jumat mulai pukul 08.30 hingga 09.30.

 

“Di RT 02 RW 04 ini terdapat 64 rumah dan tadi kita memeriksa 2 rumah serta 1 kantor. Alhamdulillah tidak ditemukan jentik,” tutur Rinda.

 

Lanjut Rinda, memasuki musim penghujan ini, dirinya berpesan kepada warga agar lebih digiatkan melakukan pembersihan lingkungan sehingga tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak.

 

Sementara itu, petugas kesehatan lingkungan dari Puskesmas Kecamatan Gambir Titie Muhani Utama mengajak masyarakan untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan melalui jumantik mandiri.

 

“Setiap warga bisa melakukan jumantik mandiri, asal mereka peduli terhadap sekelilingnya, seperti memantau penampungan air dan cukup dilakukan sekali dalam seminggu,” katanya.

 

Selain itu, tambah Tami, untuk penampungan air yang sifatnya sulit dijangkau untuk dibersihkan seperti toren air, bisa diberikan bubuk abate. Upaya ini merupakan langkah memutus perkembangbiakan jentik nyamuk.