Urban Farming Jakpus Raih Penghargaan pada Kegiatan Tanam dan Semai Serentak

Reporter: Nelly | Editor: Iman

Kegiatan Urban Farming Jakarta Pusat , Ilustrasi. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Urban Farming Jakpus Raih Penghargaan pada Kegiatan Tanam dan Semai Serentak

Sejumlah urban farming di Jakarta Pusat (Jakpus) meraih penghargaan dalam kegiatan Tanam dan Semai Serentak dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta.

Kasudin KPKP Jakpus, Penty Yunesi menerangkan, urban farming yang memenangkan penghargaan tersebut diantaranya dilakukan; kelompok tani, pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) , Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( PKK ). Seperti; RPTRA Tanah Tinggi, RPTRA Mardani Asri, RPTRA Jaya Molek, Paspampres, lantai 3 Hidroponik.

 

Dengan diraihnya penghargaan ini pihaknya mengatakan, bahwa kegiatan urban farming di Jakpus memang berjalan dengan baik. Respon dari warga yang menjadi pegiat urban farming juga masih bersemangat untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik.


“Ini membuktikan urban farming masih berjalan di Jakpus, karena memang memberikan manfaat selain bisa dikonsumsi sendiri, bisa dijual dan bisa untuk intervensi program penanganan stunting,” ungkapnya.

 

Penty menjelaskan, pihaknya akan tetap melakukan monitoring dan pengawasan terhadap para pegiat urban farming di Jakpus untuk lebih berkembang kedepannya. Menurutnya, para kasatlak KPKP yang ada di tiap kecamatan juga melakukan pengawasan dan monitoring di wilayah masing-masing.


Untuk pelatihan dan penyuluhan urban farming menurut Penty, sudah ada kegiatan kelas berkebun. Di dalam kelas berkebun tersebut terbagi 4 sesi. Sesi pertama; hidroponik sayuran, sesi kedua, sayuran buah, ketiga tanaman produktif, keempat tanaman hias dan olahannya.

 

Kominfotik JP/NEL