Urban Farming RW 01 Terima Bak Komposting dari Mahasiswa KKN IPB

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penerimaan bak komposting dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (15/7). Foto: Farandy Purba

Urban Farming (pertanian perkotaan) Kampung Tangguh Jaya RW 01 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih menerima secara simbolis bak komposting dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (15/7).

Pembuatan bak komposting ini hasil kolaborasi bersama warga dan Tim Kuliah Kerja Nyata Institut Pertanian Bogor (KKN-IPB).

Lurah Rawasari Muhammad Arief Biki mengapresiasi dan berterima kasih kepada mahasiswa IPB yang telah menambah satu sarana pengelolaan sampah di Urban Farming RW 01.

Menurutnya bak komposting ini selaras dengan program pengelolaan sampah organik di RW 01 yang hasilnya dijadikan pupuk tanaman di tempat tersebut.

"Hari ini warga RW 01 menerima pelatihan pengelolaan komposting dari mahasiswa IPB, serta penyerahan secara simbolis bak komposting. Kami sangat menyambut baik kehadiran para mahasiswa ini," katanya.

Arief menuturkan, bak komposting ini nantinya akan dimanfaatkan masyarakat RW 01 menjadi sebuah pupuk dan berharap sarana pengelolaan sampah ini bisa berjalan lebih baik dengan program pilah yang ada di RW 01.

"Ini bak komposting pertama yang ada di RW 01, sebelumnya di Rawasari sudah ada bak komposting di Kantor Kelurahan dan RW 02. Harapan kami kerja sama dengan para mahasiswa ini dapat berlanjut sebagai ajang pertukaran ilmu bersama warga, untuk membiasakan gaya hidup berkelanjutan," ungkapnya.

Di tempat yang sama, mahasiswa KKN IPB Novia Ramadhani menjelaskan, bak komposting ini dibuat untuk membantu permasalahan sampah organik yang ada dilingkungan RW 01.

"Bak komposting yang dibuat ini sepanjang 4,5 meter dengan kedalaman 90 meter dan lebar 1,1 meter untuk membantu permasalahan sampah organik dan bisa digunakan untuk urban farming yang ada di RW 01 ini,"jelasnya.

Dalam pelaksanaan KKN di RW 01 selama 30 hari, lanjut Novia, ada beberapa program yang dikerjakan selain pembuatan bak komposting, juga sosialisasi tentang gaya hidup berkelanjutan (Sustainable Lifestyle) dan pendampingan UMKM.

"Kami sudah melakukan sosialisasi sustainable lifestyle kepada warga dan anak-anak di RW 01, untuk mengimplementasikan sosialisasi ini kami buatkan bak komposting yang nantinya akan warga manfaatkan dalam membuat pupuk. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas tanaman-tanaman," ucapnya.

"Semoga bak komposting dapat dibangun di RW-RW lainnya di Kelurahan Rawasari ini," tandasnya.