Usulan Non Fisik Warga Bekal Keterampilan Hadapi Dampak Pandemi

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko Administrasi Kota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Gambir secara virtual. Foto: Nelly Marlianti

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarudin, menilai usulan non fisik dari warga dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Gambir menjadi bekal keterampilan warga dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Iqbal mengatakan, usulan non fisik yang diajukan warga Kecamatan Gambir ini menjadi cerminan kebutuhan warga untuk mempunyai keahlian dan meningkatkan keterampilan. Keterampilan dan keahlian ini, nantinya dapat dijadikan modal bertahan hidup di masa pandemi.

"Sepanjang 2 tahun ini, kita mengalami pandemi Covid-19, peningkatan keahlian dan keterampilan ini bisa menjadi bekal untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi, kelompok masyarakat, dan keluarga," ungkapnya saat membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Gambir secara virtual, di Ruang Sekko I, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (11/2).

Selain itu, Iqbal juga meminta usulan fisik yang juga diajukan warga Gambir diperhatikan UKPD terkait, terlebih usulan fisik terkait sarana dan prasarana. Sebab, kawasan Kecamatan Gambir menjadi pusat dari Kota Administrasi Jakarta Pusat yang menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Sementara itu, Camat Gambir Fauzi menerangkan, Musrenbang Tingkat Kecamatan Gambir membahas 505 usulan. Dari 505 usulan tersebut sebanyak 58 usulan warga berkaitan dengan usulan non fisik.