Usung Konsep Complete Street, Jalan Proklamasi dan Jalan Penataran Akan Ditata

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi rencana pembangunan trotoar dan bangunan pelengkap di Jakarta Pusat Tahun Anggaran 2022, berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Pegangsaan, Jumat (18/3). Foto: Zaki Ahmad Thohir

Mendukung cita-cita Jakarta menjadi smart city, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan penataan dan pembangunan pedestrian di sejumlah lokasi.

Kali ini, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan penataan dan pembangunan pedestrian di Jalan Proklamasi dan Jalan Penataran, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, penataan ini dilakukan agar lokasi tersebut menjadi lebih baik lagi dan bisa menjadi salah satu objek wisata kuliner di kawasan Pegangsaan.

"Pembangunan pedestrian yang sangat masif membuat pejalan kaki semakin nyaman. Penataan ini bisa menjadikan nilai tambah estetika di kawasan Pegangsaan," katanya saat sosialisasi rencana pembangunan trotoar dan bangunan pelengkap di Jakarta Pusat Tahun Anggaran 2022, berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jumat (18/3).

Konsep penataan ini, lanjutnya, berbasis kawasan, bukan hanya membangun pedestrian tetapi ada pembangunan saluran, taman, lampu, jalur sepeda, dan wisata kuliner.

"Jadi masyarakat akan lebih nyaman dan kawasan Pegangsaan menjadi lebih bergairah lagi serta perekonomian masyarakat sekitar semakin meningkat," katanya.

Namun, Bakwan Ferizan Ginting mengingatkan, dalam setiap pembangunan pasti akan berdampak seperti, jalan licin dan para pedagang binaan Jakarta Pusat yang ada di sekitaran lokasi tersebut akan dipindahkan ke lokasi sementara.

"Masyarakat sudah kita imbau ikut mendukung dan membantu, memang pada saat proses pembangunan pasti terdampak. Ada 100 pedagang di sana, setengahnya yang terdampak langsung akan kita geser sementara dan setelah selesai akan kita tempatkan kembali seperti semula. Kita tata agar menjadi lebih baik lagi," ucapnya.

Di lokasi yang sama, Sub Koordinator bidang perencanaan Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita mengatakan, dalam pembangunan pedestrian ini mengusung konsep complete street dengan pembagian ruang yang tepat sesuai aturan yang ada.

"Pembangunan akan dimulai akhir Maret dan berakhir September 2022 dengan desain perencanaan yang mengakomodir kebutuhan UMKM di Jalan Penataran," katanya.

Turut hadir dalam sosialisasi ini Wakil Camat Menteng Suprayogi, Lurah Pegangsaan Parsiyo, Kabag Pembangunan dan lingkungan hidup Martua Sitorus, para perwakilan pedagang, dan RT-RW.