Vaksinasi Rabies On The Spot di Kelurahan Senen Suntik 41 Hewan

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar vaksinasi rabies on the spot, di halaman Kantor Kelurahan Senen. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar vaksinasi rabies on the spot, di halaman Kantor Kelurahan Senen, Kecamatan Senen.

Vaksinasi yang berlangsung selama tiga hari ini telah dimulai sejak Senin (7/3) kemarin dan akan berakhir pada Rabu (9/3) esok. Tercatat hingga hari kedua ini sebanyak 41 Hewan Penular Rabies (HPR) telah mendapatkan vaksinasi.

Kepala Seksi Peternakan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Yani Herawati mengatakan, kegiatan vaksinasi rabies merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan untuk memberikan perlindungan bagi warga dan hewan peliharaan dari penularan penyakit rabies.

"Target kita bisa vaksin sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah untuk Kelurahan Senen warganya cukup antusias," katanya Herawati saat dihubungi, Selasa (8/3).

Herawati merinci pada pelaksanaan hari pertama atau pada tanggal 7 Maret, pihaknya berhasil menyuntik 18 HPR terdiri dari dua ekor kucing dan 16 ekor anjing. Sedangkan hari kedua tanggal 8 Maret, pihaknya berhasil menyuntik 23 HPR terdiri dari 12 ekor kucing, 10 ekor anjing dan satu ekor kera.

"Kami mengerahkan dua tenaga kesehatan dari Sudin KPKP Jakarta Pusat, satu dokter dan satu orang paramedis. Semoga di hari terakhir besok Rabu (9/3) bisa lebih ramai lagi," ucapnya.

Di lokasi yang sama Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Senen Santoso mengatakan, mendukung program layanan vaksinasi rabies ini, pihaknya telah membagi tiga lokasi berbeda yaitu, di Pos RW 01, RW 04 tepatnya di Kantor Kelurahan dan Pos RW 05. Sebelumnya, warga juga sudah diinformasikan melalui PKK, Dasawisma, hingga grup whatsapp dan sosial media.

"On the spot ini kita bagi tiga tempat. Tujuannya agar masyarakat lebih dekat dengan layanan vaksinasi, karena di wilayah Senen setiap RW jaraknya cukup jauh-jauh," tandasnya.