Vihara Hok Tek Ceng Sin Kampung Bali Tidak Gelar Malam Imlek

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Aktivitas beribadah di Vihara Hok Tek Ceng Sin RT 04/06 Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Berlian Sigit

Guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona varian Omicron, Vihara Hok Tek Ceng Sin RT 04/06 Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, tanggal 31 Januari 2022 pada malam hari tidak menyelenggarakan sembahyang Imlek (tutup).

Salah satu karyawan Vihara Hok Tek Ceng Sin, Acip mengatakan, untuk persiapan pelaksanaan perayaan Imlek tahun 2022 ini biasa saja, dan tidak menyelenggarakan sembahyang Imlek pada malam hari.

"Malam Imlek tidak ada kegiatan, hanya sembahyang biasa saja seperti sehari-hari dari tanggal 1 sampai 3 Januari 2022 mulai pukul 06.00-17.00 WIB," terang Acip.

Untuk itu, dalam menjaga kekhusyukan beribadah Kelurahan Kampung Bali bersama jajaran Satpol PP dan FKDM melakukan pemantauan persiapan kegiatan Imlek tahun 2022 di Vihara Hok Tek Ceng Sin.

"Kebetulan di Kelurahan Kampung Bali ada satu vihara, sehingga kita lakukan pemantauan pelaksanaan perayaan Imlek," kata Lurah Kampung Bali Ety Kusmiati didampingi Kasatpol PP Kampung Bali Marja’i saat memantau Vihara Hok Tek Ceng Sin, Senin (31/1).

Ety menuturkan, sebenarnya pihak dari Vihara Hok tek Ceng Sin sudah  koordinasi bahwa untuk perayaan Imlek tahun 2022 tidak mengadakan perayaan seperti tahun-tahun lalu sebelum Covid-19, tetapi tetap melaksanakan ibadah seperti biasa pada siang pagi hingga sore hari.

"Saya lihat di vihara ini sudah melakukan protokol kesehatan (prokes), di sini sudah ada tempat cuci tangan, pembatasan, dan pengecekan suhu badan. Kami berharap sembahyang ini tetap berjalan walaupun tidak seperti yang lalu-lalu akan tetapi dapat dilaksanakan dengan makna yang tidak mengurangi perayaan Imlek," jelasnya.

"Silakan warga Tionghoa lakukan sembahyang, namun harus tetap disiplin menerapkan prokes," imbaunya.