Wakil Camat Gambir Ajak Warga Sadar PSN

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Camat Gambir bersama Jumantik melakukan PSN. Foto: Angga Rizkyanda

Wakil Camat Gambir Agus Trijono mengajak warga untuk sadar dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) guna mencegah penyakit demam berdarah (DBD).

Hal ini diungkapkannya usai melakukan PSN di RW 01, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (1/7).

Dalam kesempatan ini, Agus beserta jajarannya dan para Jumantik RW 01 Kelurahan Gambir, melakukan pengecekan jentik nyamuk di rumah-rumah warga. Dari mulai melihat saluran air, dan bak-bak penampungan air, serta pot tanaman menjadi objek pengecekan.

Agus mengatakan, persoalan jentik nyamuk ini perlu edukasi dan sosialisasi pada warga di mana jentik nyamuk tidak bisa dibiarkan lebih dari 3 hari. Sebab, dalam kurun waktu tersebut jentik sudah mulai berkembang menjadi nyamuk. Sehingga, diperlukan kesadaran warga untuk melakukan PSN secara mandiri.

"Yang paling penting kita menanamkan kesadaran warga memberi edukasi pada warga untuk melakukan PSN. Jadi tidak hanya Jumantik, maupun petugas puskesmas, bahkan kelurahan, karena jumlahnya terbatas," ungkapnya.

"Harus ada kesadaran warga, kita bangkitkan kesadaran warga tiap rumah untuk menjaga kebersihan di rumah masing-masing," imbuhnya.

Agus juga menambahkan, selain melakukan PSN pihaknya juga mengimbau warga RW 01 untuk melakukan kerja bakti rutin di lingkungan.

Dia juga menyebut jajaran Kecamatan Gambir sejauh ini juga telah melaksanakan kerja bakti bersama warga setiap minggu. Petugas PPSU, Petugas SDA, dan Bina Marga juga turut dilibatkan.

"Kerja bakti setiap minggu terus kita imbau, di samping kita juga melakukan kerja bakti rutin tiap minggu. Tapi kita ingatkan lagi, kalau bukan warga sendiri yang menjaga rumahnya dan lingkungannya, siapa lagi?," tandasnya.