Wali Kota Buka Kejuaraan Pencak Silat di GOR Cempaka Putih

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka kejuaraan Pencak Silat Championship 5. Foto: Vhatra

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka kejuaraan Pencak Silat Championship 5, di Gelanggang Olahraga (GOR) Cempaka Putih, Jalan Cempaka Putih Tengah, Sabtu (28/5).

Dhany mengatakan pencak silat merupakan perpaduan seni dan olahraga yang mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik. "Seorang olahragawan pencak silat tentunya akan memiliki fisik yang bagus, pemikiran yang sehat dan tingkat batiniah yang cukup matang," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Dhany, jadikan kejuaraan ini sebagai unjuk kebolehan sekaligus evaluasi hal-hal yang diterima di perguruan persilatan untuk dapat disempurnakan.

"Jadikan event ini sebagai sarana kita untuk mengukur kemampuan teknik, baik secara seni maupun secara teknik dalam membela diri," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Dhany meminta kepada seluruh peserta Kejuaraan untuk berjiwa ksatria sehingga tidak mencederai atau mencelakai lawan. "Saya meminta kepada semua peserta bahwa pencak silat sarat akan penanaman jiwa ksatria, seorang ksatria tidak akan mencederai atau mencelakai, di atas matras ini tampilkan kemampuan teknik terbaik," ujarnya.

Dhany juga berharap kejuaraan ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan olahragawan pencak silat yang terbaik untuk dibawa ke kejuaraan di Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Semoga juara Pencak Silat Championship 5 bisa berkiprah ke tingkat lebih tinggi lagi baik provinsi, nasional maupun internasional, dan mampu membawa nama baik Jakarta Pusat," harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejuaraan Pencak Silat Jakarta Pusat Championship 5 Yudi Wahyudin menjelaskan, kejuaraan ini diikuti 714 peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, remaja, dan dewasa.

"Acara kejuaraan Pencak Silat Jakarta Pusat Championship 5, berlangsung selama dua hari yaitu, tanggal 28-29 Mei 2022 dengan rincian tingkat SD sebanyak 287 peserta, SMP 192 peserta, SMA 97 peserta, remaja 63 Peserta, dan dewasa 75 Peserta," jelasnya.

Pembukaan kejuaraan Pencak Silat Jakarta Pusat Championship 5 ini turut dihadiri Wakil Ketua Umum PB IPSI Erizal Chaniago, Ketua Pengurus IPSI Provinsi DKI Jakarta Fajar Panjaitan, Ketua IPSI Jakarta Pusat Eko Wahyudi, Camat Cempaka Putih Andri Ferdian, Perwakilan Koramil 06 Cempaka Putih, dan Perwakilan Polsek Cempaka Putih.