Wali Kota Buka Mukerko PMI Jakarta Pusat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Musyawarah Kerja Kota (Mukerko) PMI. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Musyawarah Kerja Kota (Mukerko) Palang Merah Indonesia (PMI) di salah satu hotel wilayah Kecamatan Gambir, Rabu (16/11).

Mukerko yang bertajuk tantangan "PMI dalam perkembangan teknologi digitalisasi menuju kemandirian PMI" diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Mars PMI.

Dalam sambutannya, Dhany mengatakan, sudah saatnya PMI beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang setiap saat selalu berubah.

"Sekarang isu strategisnya pemerintahan berbasis elektronik, kalau PMI mau tetap eksis maka harus segera beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang begitu cepat berubah, kalau bisa beradaptasi kita yakin akan berdiri tegak," katanya.

Dhany berpesan dalam musyawarah ini jangan terjebak dengan business as usual tetapi melihat dinamika dan fenomena baru yang perlu diadaptasikan dan ditingkatkan.

"Jangan terjebak dengan hal yang itu-itu saja karena PMI memiliki sumber daya yang luar biasa, di sekolah ada kader-kadernya, nanti kita ciptakan di lingkungan masyarakat berbasis komunitas sehingga respon time kita lebih cepat," ucapnya.

"Saya yakin dan percaya dengan semangat teman-teman PMI dan dengan tujuh prinsip nilai dasar PMI ini akan membawa PMI kearah yang lebih baik lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua  PMI Kota Administrasi Jakarta Pusat Soewardi Sulaeman mengungkapkan, sesuai dengan Anggaran Dasar PMI pasal 34 ayat 1 maka diselenggarakan Mukerko untuk melihat dan mengevaluasi program yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya dan menyiapkan program ke depan.

"Mudah-mudahan musyawarah ini menghasilkan yang terbaik untuk kita semua di masa yang akan datang," ungkapnya.

Turut hadir dalam Mukerko PMI Kota,  Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat M. Fahmi, Camat Gambir Andri Ferdian, dan Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Utami.