Wali Kota Buka Rakercab Ikatan Bidan Indonesia di RS St. Carolus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Rakercab IBI. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka rapat kerja cabang (Rakercab) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-VII, di Aula Rumah Sakit St. Carolus, Jalan Salemba Raya, Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Sabtu (29/10).

Dhany mengatakan, IBI merupakan organisasi profesi yang cukup matang berdiri sejak tanggal 24 Juni 1951 dan terus berkembang hingga saat ini seperti saat pandemi Covid, masyarakat dianjurkan di rumah dan aktivitas di batasi, tetapi bidan-bidan tetap berada di luar rumah untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Pandemi Covid-19 banyak memberikan pelajaran bagi kita dari segala dimensi kehidupan yang termasuk didalamnya misi perjuangan dari IBI, misi yang cukup mulia bagaimana mereka berupaya, bertekad, berkomitmen menurunkan angka kematian ibu dan anak melalui layanan kesehatan ibu dan anak, layanan reproduksi maupun layanan keluarga berencana," katanya.

Dhany menuturkan, bidan berada di tengah-tengah masyarakat sehingga tidak heran saat mengadakan musyawarah kerja isu-isu yang diberikan adalah yang berkembang di masyarakat.

"Isu tersebut dibawa ke organisasi profesi yang akan melahirkan gagasan dan strategi baru dalan rangka mencegah kematian ibu dan anak, rata-rata 45 persen layanan ibu dan anak ditangani oleh para bidan," tuturnya.

"Kalau berbicara mengenai sosok bidan saya teringat sosok yang begitu gesit, optimis, memiliki komitmen yang tinggi dan bekerja sama yang baik serta sosok yang begitu yakin bahwa segala sesuatu bisa diselesaikan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakercab IBI Jakarta Pusat Irene menerangkan, Rakercab ke-VII ini mengusung tema 'Konsolidasi IBI dalam menghadapi Pelayanan KIA/KB dan Kesehatan Reproduksi di Masa Pandemi Covid-19'.

"Tujuan Rakercab ini adalah evaluasi tentang kepengurusan di tingkat wilayah periode tahun 2018-2023," ucapnya.

Dalam Rakercab ini, kata Irene, dibagi menjadi tiga acara yaitu seremonial atau sidang terbuka, sidang organisasi atau sidang tertutup, dan pembekalan ilmu dari para narasumber.

"Diinformasikan bahwa yang hadir dari 16 ranting yang ada di Jakarta Pusat 154 secara offline dan 725 secara online," jelasnya.

Turut hadir dalam pembukaan Rakercab, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat Muhammad Fahmi, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari, Camat Senen Ronny Jarpiko, dan Lurah Paseban Parsiyo.