Wali Kota Buka Turnamen Sepak Bola Usia Dini

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Tim sepak bola kelompok usia dini. Foto: Farandy Purba

Wali Kota Jakpus Dhany Sukma secara resmi membuka turnamen sepak bola kelompok usia dini dalam kegiatan Maesa Soccer Festival yang memperebutkan Piala Wali Kota Jakarta Pusat, di Lapangan Utama Buperta, Cibubur, Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Minggu (30/10).

Dalam sambutannya, Dhany mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang mengoptimalkan kemampuan para pemuda di bidang olahraga sepak bola dimulai sejak usia dini.

"Manfaatkan kegiatan ini untuk mengasah kemampuan adik-adik semua, mungkin selama ini sering berlatih, namun untuk mengukur capaian hasil latihan kita belum bisa mengetahuinya, untuk itu maka hari ini tampilkan yang terbaik," ujarnya.

Menurut Dhany, sepak bola tanah air saat ini sudah cukup berkembang dari beberapa aspek, dan yang menarik adalah hal tersebut justru diperlihatkan oleh sepak bola kelompok usia dini. Namun, ia menjelaskan, sepak bola itu bukanlah kemampuan individual saja, tapi juga harus memiliki komponen lain.

"Karena di sini kita berupa tim, ketika berupa tim maka perlu ada kerja sama yang baik didukung oleh kemampuan skill yang baik, ketrampilan yang baik, dan stamina. Ketika komponen ini kemudian kita laksanakan di lapangan tentu tim tersebut akan menjadi yang terbaik," papar Dhany meyakini.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga (POR) Maesa Letjend (Purn) Joni Lumintang menerangkan, turnamen sepak bola yang merupakan hasil kolaborasi antara Sepak Bola Mahesa dengan Pemkot Jakpus ini diikuti oleh 64 peserta yang terbagi dalam empat kategori, yaitu usia 9 tahun, usia 10 tahun, usia 11 tahun, dan usia 12 tahun.

"Event ini diselenggarakan dalam waktu satu hari selesai. di mana para juara akan mendapatkan hadiah berupa tropi, medali, sertifikat, dan uang pembinaan," ujar Joni yang berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pembinaan sepak bola.