Wali Kota Hadiri Final Lomba Pelaksanaan Terbaik Rumah Eco Enzyme

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyerahkan hadiah bagi Juara I RPTRA Keuangan Kelurahan Benhil. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma didamping Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ucu Jamilah menghadiri Final Lomba Pelaksanaan Terbaik Rumah Eco Enzyme di wilayah Kecamatan Tanah Abang.

Ketua PKK Kecamatan Tanah Abang Yanti Mulyanti menjelaskan, penilaian lomba sudah dimulai dari November 2021 hingga bulan Januari 2022 lalu. "Lomba ini diikuti para pengelola RPTRA dan PKK Kelurahan dalam Lomba Pelaksanaan Terbaik Rumah Eco Enzyme di wilayah Kecamatan Tanah Abang," kata Yanti, di Aula Kantor Kecamatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (11/2).

Kegiatan lomba ini, lanjutnya, sebagai bentuk apresiasi bagi TP PKK Kelurahan dan Pengelola RPTRA se-Kecamatan Tanah Abang yang sejak bulan November lalu hingga saat ini terus bergerak melakukan sosialisasi tentang pemilahan dan pemanfaatan sampah organik.

"Kegiatan ini bukan akhir dari Rumah Eco Enzyme tetapi awal perjuangan kita untuk bisa mengajak masyarakat aktif memilah sampah organik dan sebagai implementasi dari Pergub Nomor 77 Tahun 2020," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengaku sangat mengapresiasi bagi para PKK Kelurahan dan pengelola RPTRA yang mengajak warganya bersama bergerak menjaga lingkungan.

"Semoga gerakan pengelolaan sampah ini bisa terus dilakukan sampai ke Dasawisma untuk suatu yang bermanfaat bagi wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Pemkot Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menambahkan, dengan adanya lomba ini merupakan salah satu upaya bagaimana menstimulus warga masyarakat untuk mau ikut terlibat dalam memelihara bumi yang sudah cukup tua.

"Salah satu yang bisa kita lakukan dalam menjaga bumi ini ialah dengan melakukan pengelolaan Eco Enzyme untuk menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat dan berguna bagi lingkungan seperti, menciptakan udara yang bersih, menyuburkan tanah melalui pupuk cair, pestisida dan lain sebagainya," jelasnya.

"Mudah-mudahan saja program Eco Enzyme ini bisa terus kita kembangkan dalam lingkup yang lebih luas lagi. Jika perlu lomba seperti ini dilakukan secara berkala, agar semangat Eco Enzyme dapat menyeluruh," harapnya.

Untuk diketahui, Final Lomba Pelaksanaan Terbaik Rumah Eco Enzyme berhasil diraih, Juara I RPTRA Keuangan Kelurahan Benhil, Juara II RPTRA Segas Segar Berseri Kelurahan Karet Tengsin, Juara III RPTRA Taman Raning Kelurahan Benhil, serta Terfavorit PKK Kelurahan Gelora Pos RW 02.