Wali Kota Ikuti Musrenbang RKPD Secara Daring

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat berserta jajarannya mengikuti Musrenbang RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 secara daring. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 secara daring.

Wali kota mengikuti acara tersebut, di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Kamis(14/4).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membuka Musrenbang ini mengatakan, dalam mempercepat  transformasi Kota Jakarta perlu dilakukan penataan, sehingga perencanaan pembangunan Jakarta diarahkan untuk membangun infrastruktur keras dan lunak. Yang diperlukan Jakarta untuk memainkan peran sebagai kota global dan simpul kegiatan di kawasan regional, nusantara hingga dunia.

"Upaya untuk mewujudkan harapan Jakarta menjadi kota global bukan jalan yang sederhana, pendekatan yang perlu dilakukan bukan tidak hanya perencanaan pembangunan tetapi juga membutuhkan perencanaan bangunan guna menyelesaikan permasalahan perkotaan yang masih ada selama ini," katanya.

Menurutnya sesuai dengan tema Musrenbang ada 10 sasaran untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang aman, nyaman, berkelanjutan, layak huni, dan berketahanan.

"Mulai dari pengurangan ketimpangan melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan jaminan perlindungan sosial, peningkatan kualitas dan aksesibilitas serta kemudahan layanan masyarakat, penurunan kesenjangan melalui pembangunan responsif gender, pemerataan kesempatan pendidikan untuk semua dan edukasi terkait pembelajaran sepanjang hayat, dan peningkatan kualitas harapan hidup melalui perbaikan keselamatan perkotaan," ucapnya.

"Pertumbuhan ekonomi dan sektor usaha berbasis pengalaman dan nilai tambah, akselerasi tranformasi digital dan pengembangan manajemen kota cerdas, peningkatan kesempatan pemberdayaan dan adaptasi tenaga kerja, pemulihan ekonomi kota dan implementasi pembangunan rendah karbon, dan terakhir adalah pembangunan infrastruktur dan layanan dasar perkotaan yang berkualitas," imbuhnya.

Untuk diketahui, Musrenbang RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023 akan membahas 34.078 usulan yang akan dibahas dalam sidang kelompok mulai tanggal 21 April hingga 25 April 2022 mendatang. Sidang kelompok akan dibagi menjadi empat sesuai dengan substansi perencanaan pembangunan dari kelompok bidang pemerintahan, perekonomian, SPKLH (Sarana Prasarana Kota dan Lingkungan Hidup), dan Kesejahteraan Rakyat. 

Dalam Musrenbang ini Kota Administrasi Jakarta Pusat menyampaikan sebanyak 4.141 usulan kegiatan.

Turut hadir mengikuti Musrenbang RKPD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Asisten Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting.