Wali Kota Ikuti Pencanangan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Pencanangan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak. Foto: Berlian Sigit

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengikuti pencanangan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, kolaborasi antar Kementerian PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas.

Kegiatan ini berlangsung di RPTRA Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur yang juga diikuti para camat dan lurah. Berjalan secara luring dan daring, serta disiarkan serentak di seluruh wilayah Kota Administrasi Jakarta, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sementara Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengikutinya di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (14/10).

Dhany mengatakan, di wilayah Jakarta Pusat di tiap satu kecamatan dan kelurahan sebagai percontohan untuk Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

"Pencanangan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak merupakan stimulus kuat bagi kita untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan perempuan dan anak mendapat perlakuan yang ramah. Sekaligus bagi seluruh komponen yang ada baik swasta, akademik dan lain sebagainya besama membangun kepedulian ini," katanya, didampingi, Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah serta Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi.

Menurutnya, ketika telah memiliki kepedulian terhadap anak dan ramah perempuan sesungguhnya ini menjadi satu pondasi yang baik dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

"Seorang perempuan merupakan pendidik utama bagi anak-anaknya. Sedangkan anak adalah tunas yang akan tumbuh dan berkembang menggantikan estafet kepemimpinan negara," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Dhany, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat mendukung program Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

"Mudah-mudahan ketika kelurahan bergerak sampai melibatkan peran dari RT-RW dan juga kelompok keluarga Insya Allah program ini akan mudah terwujud," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta Fery Farhati mengatakan, perlindungan terhadap perempuan dan anak merupakan isu prioritas dan berbagai inovasi serta kebijakan telah dilakukan, untuk memastikan keamanan kesejahteraan perempuan dan anak.

"Hari ini kita dapat berkumpul di sini baik secara luring dan daring merupakan perwujudan keseriusan terhadap isu tersebut dan Kota Jakarta sebagai kota yang perduli terhadap semua warga tanpa terkecuali," ucapnya.

Fery Farhati juga berharap keberadaan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang diinisiasi oleh Kementrian PPPA menjadi pemantik semangat kolaborasi di tiap kelurahan.

"Saya berharap dengan kolaborasi ini kita semua dapat berupaya untuk melakukan aksi lebih baik dengan terus peduli kepada lingkungan sekitar terutama pada perempuan dan anak," harapnya.

Pencanangan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak ini dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen para lurah dan camat.