Wali Kota Jakarta Pusat Buka Apresiasi dan Kompetisi Seni Bagi Pelajar

Reporter: Maulana | Editor: Iman

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Apresiasi dan Kompetisi Seni Bagi Pelajar di gedung PPSB) M Mashabi, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (12/7). Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi (Adm) Jakarta Pusat (Jakpus)  Dhany Sukma membuka Apresiasi dan Kompetisi Seni Bagi Pelajar Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) M Mashabi, Kecamatan Tanah Abang, Selasa(12/7).

Dhany mengatakan kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Adm Jakarta Pusat untuk memfasilitasi para pelajar di Jakpus untuk bisa mengekspresikan diri sekaligus membangun kreativitas melalui pentas seni.

"Sekaligus juga kita memberikan apresiasi kepada mereka yang memiliki jiwa-jiwa seni yang cukup baik,"katanya.

Dhany menjelaskan konsepsi pedidikan di Indonesia tidak hanya urusan kognitif saja tetapi penggabungan antara kognitif, psikomotorik dan afektif sehingga menghasilkan generasi muda yang unggul.

"Tidak hanya kecerdasan intelegensinya sajatetapi juga kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial ditambah kecerdasan dalam berjuang,"jelasnya.

Dhany pun mengajak para orangtua bersama-sama mendidik dan mengembangkan potensi anak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

"Perlu kita mendeteksi secara dini apa yang menjadi potensi anak-anak kita melalui apresiasi dan kegiatan seni ini, kemudian bisa kita kembangkan secara perlahan untuk mempertemukan antara potensi kognitifnya, psikomotoriknya, dan afektif anak-anak kita,"ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Kota Adm Jakpus Muhammad Nurdin menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Sudin Kebudayaan Jakpus yang diikuti oleh semua satuan pendidikan mulai TK hingga SLTA.

"Kegiatan ini berlangsung selama empat hari dan pemenangnya nanti akan mewakili Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi,"jelasnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 80 sekolah ini dilombakan beberapa cabang seni yang seperti menggambar dan menari untuk tingkat TK, Paduan Suara dan Tari untuk jenjang SD, Musikalisasi Puisi dan Paduan Suara untuk jenjang SMP, serta Vokal Grup dan Musikalisasi untuk jenjang SLTA.